Terpukau Keindahan Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo

Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo, DIY. (Source: Dispar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Liburan ke Kulon Progo, DI Yogyakarta, Sobat Turisian mesti mampir ke Grojogan Watu Jonggol. Objek wisata ini merupakan salah satu wisata alam air terjun yang berada di Desa Wisata Nglinggo.

Air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri karena terdapat banyak bebatuan yang terbentuk secara alami. Di sini Sobat Turisian bakalan terpukau dengan keindahan air terjun. Dapat juga berburu foto instagenic dengan latar pemandangan air terjun atau sebuah taman kecil yang tersedia.

Gemercik air, sejuk, segar dan tenangnya suasana alam di Grojogan Watu Jonggol dapat menghilangkan rasa penat. Sehingga Sobat Turisian dapat merelaksasi pikiran dan tubuh.

Letaknya yang berada di kawasan Perbukitan Menoreh pada ketinggian sekitaran 900 mdpl. Membuat suasana di objek wisata air terjun ini berudara cukup sejuk dan dapat menjadi tujuan liburan Sobat Turisian dengan keluarga.

Tinggi Grojogan Watu Jonggol mencapai sekira 60 meter dan banyak pepohonan hijau di sekelilingnya hingga panoramanya kelihatan alami. Lokasinya ada di Desa Nglinggo, Nglinggo Barat, Dusun Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca juga: Petualangan ke Puncak Suroloyo Kulon Progo dengan View yang Menakjubkan

Jarak dari Kota Jogja sekira 42 km dan dapat Sobat Turisian tempuh dengan perjalanan kurang lebih 1,5 – 2 jam bergantung kecepatan kendaraan. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Rute Menuju Destinasi

Untuk menuju ke Grojogan Watu Jonggol Kulon Progo ini, Sobat Turisian bisa memilih jalur tergantung dari arah keberangkatan. Jika dari Jogja arahkan ke Jl. Godean lalu ke arah barat melalui Pasar Godean. Lanjut ke arah barat sampai melalui jembatan Sungai Progo, turuti jalan sampai lampu merah Kenteng.

Dari situ, belok ke kanan dan ikuti jalan ke arah wilayah Dekso. Tiba di Tugu Dekso belok ke kiri melalui Jl. Samigaluh dan Lempeng. Teruskan ke jalan khusus melalui Kantor Kecamatan Samigaluh, Kantor Polisi dan Pasar Samigaluh.

Kalau sudah sampai Lempeng turuti jalan lalu belok ke kanan di pertigaan Dusun Rekreasi Nglinggo. Turuti jalan naik menanjak sampai ada panduan sekitaran 1,5 km ke arah rekreasi air terjun. Lalu belok ke kiri dan turuti jalan khusus sampai loket masuk wisata Grojogan Watu Jonggol.

Sementara dari arah Magelang, Sobat Turisian bisa menuju ke arah Kalibawang. Sampai mendapati lampu merah Dekso dan mengambil ke arah kanan menuju Jl. Samigaluh. Seterusnya jalur perjalanan sama dengan di atas.

Baca juga: Pule Payung Kulon Progo, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Terbaru

Akses jalan ke lokasi rekreasi Grojogan Watu Jonggol telah beraspal dan berliku naik. Namun kalian harus tetap waspada saat berpapasan dengan kendaraan yang lain.*