Kampung Gagot Banjarnegara Tawarkan Wisata Edukasi Pertanian dan Peternakan

Kampung Gagot
Anak-anak sedang belajar menanam tanaman di Kampung Gagot Banjarnegara. (Source: Disparbud Banjarnegara)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang ingin liburan akhir pekan bersama keluarga, bisa coba ajak ke Kampung Gagot di Kabbupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan destinasi wisata edukasi pertanian hingga peternakan.

Objek wisata yang berlokasi di Desa Kutawuluh, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara ini menyuguhkan atraksi wisata yang berbeda. Sobat Turisian akan benar-benar bisa menyatu dengan alam.

Bahkan, Sobat Turisian bisa belajar langsung seputar dunia pertanian, peternakan, hingga perikanan. Di Kampung Gagot pun sudah tersedia paket wisata utama, di antaranya Edukasi Pertanian, Pembuatan Pupuk Organik dan peternakan.

Di setiap rumah atau pekarangan, Sobat Turisian akan mendapat penjelasan terkait pertanian maupun peternakan. Pengelola akan memberikan informasi bagaimana cara menanam tanaman, seperti terong, melon, dan tanaman holtikultura lainnya.

Tak hanya itu, Sobat Turisian juga akan mendapat wawasan soal bagaimana membuat pupuk, baik pupuk kandang maupun pupuk kompos. Menariknya lagi, kalian juga boleh mencoba praktik langsung terkait kegiatan pertanian dan peternakan di Kampung Gagot ini.

Baca juga: Desa Wisata Kasmaran Banjarnegara Sajikan Keindahan Alam Perbukitan

Sementara di sektor perikanan, Sobat Turisian tidak hanya belajar seputar merawat ikan, namun juga ada hal-hal lain yang menarik. Seperti untuk pengunjung anak-anak, ada tempat untuk menangkap ikan kecil dan untuk dewasa tersedia tempat pemancingan.

Keunikan Kampung Gagot

Keunikan lain di Kampung Gagot, semua hewan ternak dan tanaman pengelolaannya oleh pemiliknya masing-masing. Jadi, pemilik hewan berkewajiban membersihkan kandang serta menjelaskan kepada wisatawan.

Jadi wisata edukasi di Banjarnegara ini sangat melibatkan masyarakat setempat. Termasuk fasilitas toilet, warga harus membersihkan toilet di rumah masing agar layak untuk wisatawan gunakan.

Harga Tiket & Penginapan

Kalau Sobat Turisian tertarik mengikuti wisata edukasi di Kampung Gagot, cukup membayar Rp25.000,-  untuk semua kegiatan edukasi pertanian, perikanan, dan peternakan. Namun, jika sekalian dengan menikmati olahannya cukup bayar sekitar Rp45.000,- per orang. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah ya Sob!

Baca juga: Tamasya Bersama Keluarga ke Telaga Merdada Banjarnegara

Untuk akomodasi penginapan, di destinasi wisata ini juga tersedia fasilitas homestay di rumah warga setempat. Tarif untuk menginap cukup terjangkau, berkisar di harga Rp150.000,-  sudah termasuk satu kali makan.*

Pos terkait