Yuk Traveling ke Pantai Logending Kebumen Saat Liburan Nanti!

Pantai Logending
Pantai Logending Kebumen, Jateng. (Source: Disparbud Kab. Kebumen)

TURISIAN.com – Traveling ke Kebumen, Sobat Turisian wajib berkunjung ke Pantai Logending yang sajikan pesona alam yang indah. Di sini kalian akan terpuaskan dengan pemandangan luas Samudera Hindia di selatan Jawa.

Nama pantai ini sendiri berasal dari nama hutan wisata yang terletak dekat pantai, yaitu Hutan Wisata Logending. Suasana alam dan pemandangan yang tersaji sangat indah, plus air jernih serta hamparan pasir pantai yang luas.

Pantainya juga lumayan landai sangat cocok buat Sobat Turisian untuk bersantai atau sekadar jalan-jalan dan duduk di tepi pantai. Pantai Logending memadukan antara keindahan pantai dan hutan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Garis pantainya memanjang sejauh 200 meter yang landai berpasir. Bagian timurnya ada batasan berupa terbing terjal batu gamping. Sementara batas di sebelah barat, terdapat Sungai Bodo yang merupakan batas administrasi dengan Kabupaten Cilacap.

Destinasi Pantai Logending juga merupakan muara dari Sungai Bodo yang memisahkan Kabupaten Kebumen dan Cilacap. Pemandangan muara sungai dapat Sobat Turisian nikmati dengan menaiki perahu milik nelayan dengan tarif sewa tertentu.

Baca juga: Pantai Petanahan, Tempat Liburan di Kebumen yang Menawan

Pada bagian selatannya terdapat batas berupa bukit yang berisi pohon jati dan batu-batu besar. Di atas bukit, Sobat Turisian akanmenemukan sebuah rumah dengan pagar pembatas. Dari situ kalian dapat melihat laut dan kampung nelayan di sekitar pantai.

Selain pemandangan lautnya, Pantai Logending juga terkenal dengan hutan yang mengelilingi wilayahnya. Hutan ini milik Perum Perhutani KPH Kedu Selatan.

Kawasan hutan wisata tersebut mempunyai ketinggian sekitar 5 mdpl dengan suhu berkisar antara 24 hingga 34 derajat celcius. Spot ini pun sering menjadi tempat berkemah, baik oleh wisatawan maupun kelompok Pramuka.

Fasilitas & Lokasi Pantai Logending

Sebagai objek wisata, pantai ini mempunyai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Di antaranya tempat untuk duduk bersantai bersama keluarga, lokasi berkemah, dan area parkir yang cukup luas. Sehingga Sobat Turisian tidak perlu khawatir jika menggunakan kendaraan.

Fasilitas lain di Pantai Logending, meliputi MCK, musala, penginapan, taman bermain, warung makanan, panggung pertunjukan, dan perahu nelayan. Ada pula spot suvenir kerajinan anyaman dari daun pandan dan kerajinan kerang. Lalu tersedia berbagai makanan khas, seperti grobi, gula kelapa, ikan hasil tangkapan para nelayan.

Baca juga: Sarapan Pagi Nikmat dengan Nasi Penggel Khas Kebumen

Lokasi pantai ini terletak sekitar 54 km barat daya Kebumen atau 33 km selatan Gombong. Tepatnya di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Rutenya bisa dari arah Jatijajar dengan mengikuti lereng barat kawasan kars Gombong Selatan.*

Pos terkait