Sedapnya Pecel Pakis Colo Kudus yang Cocok Buat Sarapan atau Santap Siang

Pecel Pakis Colo Kudus
Pecel Pakis Colo Kudus. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Saat berkunjung ke Kabupaten Kudus, Sobat Turisian bisa menikmati wisata kuliner. Selain ada Soto Kudus, Lentog Tanjung, dan Nasi Pindang yang sudah tersohor. Kalian juga wajib mencicipi sedapnya Pecel Pakis, sajian kuliner spesial yang hanya ada di Desa Colo.

Desa Colo sendiri terletak di Kecamatan Dawe, kawasan Pegunungan Muria, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Jika dari pusat kota Kudus, Sobat Turisian harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit. Setibanya di tempat ini, pemandangan alam pegunungan dengan hawa sejuk akan menyambut kalian.

Sobat Turisian bisa menenangkan pikiran dan menyegarkan tubuh di desa ini. Lebih asyik lagi sambil menikmati Pecel Pakis Colo, yang sepintas mirip pecel pada umumnya. Cocok untuk sarapan atau makan siang.

Dalam satu porsi pecel khas Kudus ini, ada isian nasi putih dengan tumpuk sayuran hijau, kemudian tambah guyuran sambal kacang. Di warung yang menyediakan pecel pakis, biasanya juga ada lauk-lauk tambahan. Seperti telur dadar atau mata sapi, tempe goreng, perkedel, dan gimbal udang.

Baca juga: Wisata Religi dengan Mengunjungi Wali Songo di Pulau Jawa

Pakis sendiri merupakan tumbuh-tumbuhan yang tumbuh alami di tebing-tebing. Untuk bumbu Pecel Pakis Colo, para pedagangnya membuat resep sendiri. Berbahan utama kacang goreng, kemudian tambah bawang, kencur, dan terasi.

Penyajian Pecel Pakis Colo Kudus

Cara pembuatannya, rebus pakis lalu guyur dengan air panas. Namun jangan sampai terlalu medok. Sebab, jika terlalu medok maka akan berpengaruh pada rasa.

Cita rasa pecel pakis ini terasa gurih dengan bumbu kacang yang bercampur bersama daun pakis yang segar. Kombinasi ini cocok jika berpadu dengan nasi hangat. Beberapa wisatawan baik dalam kota Kudus atau luar kota hilir mudik mampir di warung ini.

Para pesepeda juga kerap berolahraga wilayah Colo. Setelah berolahraga jika ingin menyantap Pecel Pakis Colo juga tak ada salahnya. Selain makanan khasnya yang lezat ini, Kudus juga memiliki minuman Kopi Muria.

Baca juga: Ragam Wisata Kuliner di Sepanjang Jalur Pantura yang Wajib Kalian Coba  

Di Colo juga Sobat Turisian akan banyak jumpai kedai kopi, tempat yang cocok untuk bersantai dengan menyeruput kopi hangat di tengah hawa sejuk pegunungan Muria.*

Pos terkait