Wisata Religi dengan Mengunjungi Wali Songo di Pulau Jawa

Wali Songo
Arsitektur Masjid Agung Kudus di Jawa Tengah yang mirip dengan bangunan candi. (Instagram/@joni_nurya)

TURISIAN.com – Makam Wali Songo kerap dijadikan wisata religi bagi sejumlah warga di Indonesia.

Tersebar di beberapa tempat di Pulau Jawa, makam para Wali Songo telah menjadi destinasi wisata religi yang cukup digemari.

Sejumlah peziarah bahkan rela datang jauh-jauh dari luar Pulau Jawa untuk bisa melihat langsung makam dari para Wali Songo tersebut.

Dikutip TURISIAN.com- dari kemenparekraf.go.id pada Sabtu, 16 April 2022, berikut adalah sejumlah makam Wali Songo yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah terutama di bulan Ramadhan.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Religi NTB, Menarik Dikunjungi Saat Ramadan

Makam Sunan Ampel

Bagi wisatawan yang ingin berziarah ke Makam Sunan Ampel cukup datang ke Jalan Ampel Masjid Nomor 53.

Lokasi makam dari Sunan Ampel sendiri terletak di daerah Surabaya. Dan selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah yang ingin mendoakan. Serta mengenang jasa sumbangsih Sunan Ampel terhadap kemajuan Islam.

Hal tersebut bisa terlihat dengan jelas dari adanya Kesultanan Demak, berdirinya Masjid Agung Demak serta tidak lupa juga ajaran Moh Limo.

Makam Sunan Drajat

Berbeda dengan Sunan Ampel yang memiliki ajaran Moh Limo. Sunan Drajat menyebarkan dakwah dengan ajaran Pepali Pitu. Serta salah satu tembang terkenal karya Sunan Drajat yakni tembang tengahan Macapat Pangkur.

Makam Sunan Drajat berada di Jawa Timur, tepatnya di Desa Drajat, Paciran, Lamongan.

Makam Sunan Gresik

Beralamat di Jalan Malik Ibrahim, Gresik, makam Sunan Gresik selalu ramai didatangi para peziarah yang ingin mendoakan Sunan Gresik. Pengunjung juga  mengenang segala upayanya dalam mengajarkan ajaran Islam yang kala itu cukup unik. Yakni dengan metode pendekatan budaya.

Sunan Gresik dikenal luas karena berdakwah dengan cara mengajarkan masyarakat untuk bercocok tanam serta bertani.

BACA JUGA: Masjid Tiban, Wisata Religi Malang Rasa Turki Yang Memikat Wisatawan

Makam Sunan Kudus

Jejak Sunan Kudus dalam menyebarkan dakwah ajaran Islam dapat terlihat dengan jelas melalui keindahan arsitektur Masjid Agung Kudus di Jawa Tengah yang mirip dengan bangunan candi.

Makam Sunan Kudus yang terletak di area belakang masjid tersebut kerap didatangi oleh para peziarah yang juga berdoa di dalam Masjid Agung Kudus.

Makam Sunan Bonang

Termasuk diantara sembilan wali paling ternama di Indonesia, Sunan Bonang dikenal berdakwah dengan menggunakan media bantu seperti alat musik diantaranya gamelan.

Sunan Bonang juga sangat mahir memainkan wayang serta menguasai seni dan sastra Jawa.

Maka untuk mengenang sosoknya yang sangat berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa, para peziarah kerap mengunjungi makamnya yang berlokasi di Desa Kutorejo, Tuban, Jawa Timur.

Makam Sunan Muria

Wisata religi makam Sunan Muria terletak persis di sekitaran lereng Gunung Muria, Kecamatan Colo.

Layaknya tokoh para Wali Songo yang lainnya, Sunan Muria sangat merangkul tradisi serta budaya adat setempat, terbukti selama periode dakwahnya, Sunan Muria telah melahirkan tembang yang berjudul Sinom dan Kinanthi.

BACA JUGA: Tiga Desa Wisata di Demak, Pas Buat Jalan-Jalan di Akhir Pekan

Makam Sunan Giri

Jika sobat Turisian ingin berziarah ke makam Sunan Giri, cukup datang ke Jalan Sunan Giri, Kebomas, Kabupaten Gresik di Jawa Timur.

Peranan Sunan Giri dalam berdakwah melalui seni serta budaya begitu membekas di ingatan masyarakat setempat.

Ada banyak tembang yang diciptakan olehnya seperti diantaranya adalah Padang Bulan, Jor, Gula Ganti hingga Cublak-Cublak Suweng.

Makam Sunan Gunung Jati

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini, perjuangan Sunan Gunung Jati dalam menyebarkan ajaran Islam sangat aktif dan dilakukan melalui jalur politik.

Dirinya dikenal menjalin banyak kerja sama dalam mengokohkan ajaran Islam, kemudian setelah wafat jasadnya disemayamkan di Desa Astana, Cirebon Utara.

BACA JUGA: Bontang Kuala, Pelopor Desa Wisata di Kalimantan Timur

Makam Sunan Kalijaga

Tokoh fenomenal Sunan Kalijaga sangat tersohor karena berhasil menciptakan sejumlah karakter pewayangan seperti Semar, Bagong, Petruk dan Gareng.

Ragam tembang yang dilantunkan olehnya juga kerap diisi dengan muatan berbau Islam seperti Kidung Rumeksa ing Wengi dan juga Lir-ilir.

Untuk mengenang jasa Sunan Kalijaga, kalian bisa berziarah ke Desa Kadilangu yang berjarak sekitar 3 km dari Masjid Agung Demak.

***

Pos terkait