Tiga Desa Wisata di Demak, Pas Buat Jalan-Jalan di Akhir Pekan

desa wisata di Demak
Kawasan mangrove di Desa Wisata Moro Demak. (dok. Dispar Kab. Demak)

TURISIAN.com – Demak sejak lama terkenal dengan wisata religinya, terutama ke Masjid Demak peninggalan Sunan Kalijaga. Selain itu, ternyata banyak juga desa wisata di Demak yang menarik dikunjungi, pas untuk liburan di akhir pekan.

Ada tiga desa wisata di Demak yang wajib Sobat Turisian kunjungi. Di antaranya Desa Wisata Moro Demak, Desa Wisata Babalan, dan Desa Wisata Jragung. Ketiga desa ini memiliki pesona alam yang indah dengan keunggulan dan ciri khasnya masing-masing.

Inilah tiga desa wisata di Demak yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau kolega di liburan akhir pekan. Banyak aktivitas wisata yang bisa dinikmati, baik untuk rekreasi, hiburan, hingga wisata edukasi.

1. Desa Wisata Moro Demak

Desa Wisata Moro Demak banyak disebut sebagai surga tersembunyi ata istilah sekarang, hidden gem-nya Kabupaten Demak. Terletak di wilayah Kecamatan Bonang.

Daya tarik utamanya beripa kawasan wisata mangrove yang berada di ujung pantai Moro Demak. Akses untuk menuju ke sana, dapat ditempuh melalui jalur air menggunakan sampan.

Sobat Turisian juga bisa menikmati atraksi wisata budaya, edukasi, bahari, dan kuliner. Wisata budaya yang populer yakni kegiatan syawalan dan sedekah laut yang biasa berlangsung setiap 7 hari pasca Idul Fitri.

Baca juga: Yuk Nikmati 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Tugu Selatan Bogor!

Sementara untuk aktivitas wisata edukasi, desa ini mengajak Sobat Turisian untuk mengenal flora, fauna, dan kearifan budaya lokal yang ada. Kemudian wisata bahari, ada perjalanan mengelilingi kawasan pantai dan hutan mangrove.

Jangan terlewat juga, melihat aktivitas masyarakat setempat yang sedang membuat perahu tradisional dalam wujud besar. Serta miniatur perahu yang biasanya dilarung dalam prosesi syawalan.

Setelah puas berkeliling desa, akhiri liburan di desa ini dengan menikmati aneka kuliner khas. Desa tersebut menyuguhkan makanan khas berupa rujak pedo dan krupuk ikan Moro.

2. Desa Wisata Babalan
desa wisata di Demak
Wisata Mangrove di Desa Babalan. (dok. Dispar Kab. Demak)

Berikutnya ada Desa Wisata Babalan dengan daya tarik mirip dengan Desa Moro Demak. Ada hutan mangrove seluas 900 meter persegi. Lokasinya berada di Kecamatan Wedung dan merupakan salah satu ekowisata andalan Kabupaten Demak.

Di tempat wisata Demak ini, Sobat Turisian bisa melintasi jalur tracking sepanjang 300 meter. Untuk menuju ke hutan mangrove, menggunakan perahu dengan tarif terjangkau. Pemandangan asri khas mangrove akan menemani Sobat Turisian menjelajahi ekowisata ini.

3. Desa Wisata Jragung
Desa Wisata di Demak
Jati Park di Desa Jragung Demak. (dok. Dispar Kab. Demak)

Lanjut lagi ke Desa Wisata Jragung yang merupakan desa paling selatan di Kabupaten Demak. Berlokasi di Kecamatan Karangawen. Suasana lingkungan desa ini cukup sejuk karena sekitarnya berupa perbukitan dan hutan.

Salah satu yang menarik di desa ini, terdapat kawasan wisata Jati Park yang merupakan area hutan jati. Objek wisata ini cukup menarik untuk wisata selfie, sebab banyak spot foto instagenik di kawasan tersebut. Terlebih saat dedaunan pohon Jati berguguran, menciptakan nuansa musim gugur ala Korea.

Baca juga: 11 Event Unggulan CoE Jawa Tengah Tahun 2022

Selain Jati Park, Desa Wisata Jragung juga memiliki sendang (mata air), terkenal dengan sebuatan Sendang Wuluh. Masyarakat setempat meyakini sumber mata air Sendang Wuluh dapat menyembuhkan penyakit.*

 

 

Pos terkait