Liburan ke Pulau Lima di Wilayah Banten yang Memesona dan Menenangkan

Pulau Lima Banten
Pulau Lima Banten. (Source: Disbudpar Banten)

TURISIAN.com – Tak hanya menjadi pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Kabupaten Serang juga menjadi tempat tujuan wisata yang cukup menarik karena menyimpan sejuta potensi wisata alam. Salah satunya Pulai Lima. Penamaan pulau di Banten ini mengikuti pola penamaan pulau lainnya yang berada di gugusan kepulauan Mujan. Yaitu Pulau Mojan Besar atau Pulau Tiga dan Pulau Empat atau Pulau Pamujan Kecil.

Meski letaknya saling berdekatan, namun karakteristik Pulau Lima berbeda dengan kedua pulau lainnya. Di tempat ini Sobat Turisian bisa melihat dan menikmati hamparan pasir putih yang lembut dan halus, dengan hutan mangrove di sekitarnya. Sebagaimana kedua pulau lainnya yaitu pulau Tiga dan Empat, pulau ini terletak kurang lebih 20 menit perjalanan laut dari Pelabuhan Karangantu.

Pulau di Banten yang satu ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Akses untuk menuju ke Pulau Lima ini hampir sama pula dengan akses menuju ke pulau Mojan Besar dan pulau Pamujan Kecil.  Kalau Sobat Turisian berangkat dari Serang, bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke Pelabuhan Karangantu yang letaknya di wilayah Kaseman, Banten Lama.

Objek wisata ini sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin menghabiskan liburan dengan suasana yang sepi dan bikin tenang. Jauh dari kepenatan dan hiruk pikuk kemacetan kota. Di sini juga Sobat Turisian bisa bermalam, biar lebih puas mengeksplorasi kawasan Pulau Lima Banten ini. Tersedia bungalow ber-AC.

Baca juga: Bukit Waruwangi Serang, Wisata Kekinian Banten yang Sejuk Bikin Betah

Destinasi Pulau Lima Banten menjadi tempat yang cocok bagi Sobat Turisian yang suka bermain pasir. Bagi pemburu sunset pun sangat cocok. Sebab pulau ini menyuguhkan sunset yang berkelas yang bisa kalian nikmati dari atas jembatan Pulau Lima.

Tak hanya itu, aktivitas memancing juga bisa kalian lakukan di tempat ini. Spot memancing yang asyiknya dari atas dermaga pulau ini bersama para nelayan, menikmati suasana yang segar jauh dari polusi. Masih ada pilihan aktivitas lainnya, yakni snorkeling untuk bisa mengintip terumbu karang di dalam laut.*

Akses ke Pulau Lima Banten

Jarak dari Kota Serang sekitar 30 menit perjalanan. Kalau Sobat Turisian tidak menggunakan kendaraan pribadi, jangan khawatir. Dari Serang ada angkutan umum yang menuju ke arah pelabuhan Karangantu, dengam membayar Rp5 ribu untuk tiba di sana.

Setelah tiba di pelabuhan Karangantu, Sobat Turisian lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu nelayan. Atau mengikuti paket perjalanan wisata di Pulau Lima Banten yang menyiapkan segala keperluan transportasi dan beberapa fasilitas dengan harga yang sangat terjangkau yaitu Rp. 50.000,00.

Daya Tarik Lain Pulau Lima Banten

Ada beberapa wahana lain yang tersedia di objek wisata Banten ini. Di antaranya banana boat, snorkeling, dan memancing dari atas perahu. Terdapat juga gazebo-gazebo yang menjadi spot tepat menikmati panorama alam pulau ini.

Baca juga: Jelajah Keindahan Rawa Dano Banten yang Memesona

Selain itu, Sobat Turisian juga bisa santai sejenak di gazebo-gazebo yang terlah tersedia di objek wisata Banten ini. Sambil menyantap makanan ringan yang ada di warung-warung sekitar gazebo. Ada menu mie, bakso, pecel, dan aneka jenis makanan lainnya.*

Pos terkait