Jelajah Keindahan Rawa Dano Banten yang Memesona

Rawa Dano Banten
Rawa Dano, Kabupaten Serang, Banten. (Source: Disbudpar Banten)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang ingin berlibur ke Kabupaten Serang, Banten bisa mampir ke Rawa Dano. Sebuah danau yang terletak di kaki bukit yang dihiasi hamparan hijau berbagai jenis tumbuhan yang hidup di sekitarnya. Dulunya, kawasan ini merupakan sebuah gunung api yang lambat laun berubah menjadi sebuah danau serta rawa.

Hal unik yang bisa Sobat Turisian nikmati di tempat wisata Banten ini, berupa pemandangan yang memesona saat sinar matahari menyinari kawasan danau. Sehingga akan mengubah tampilan danau menjadi tampak kehijauan nan asri.

Sementara di kala sore hari, panorama yang tersaji di Rawa Dano akan berbeda dengan siang hari. Sebab pada sore hari, kabut akan menutupi wilayah tersebut, menambah pesona keindahan tempat wisata ini.

Bahkan di tempat wisata ini juga terdapat suatu spot bernama Panenjoan. Titik di mana Sobat Turisian bisa menikmati indahnya danau dari ketinggian tertentu. Tidak mengeherankan jika di bulan puasa, kawasan wisata Rawa Dano ramai pengujung yang sedang ngabuburit.

Baca juga: Yuk Wisata ke Tahura Banten Buat Healing di Akhir Pekan!

Selain pesona cagar alam, Rawa Dano menjadi habitat berbagai jenis spesies hewan dan tumbuhan yang termasuk langka di dunia. Bahkan keberadaannya sudah ada sejak zaman dahulu.

Penetapannya sebagai tempat wisata, membuat banyak pengunjung penasaran dengan apa saja yang terdapat di dalam cagar alam ini. Jadi, tidak mengherankan jika tempat wisata cagar alam ini akan ramai kunjungan wisatawan di hari libur.

Lokasi Rawa Dano Banten

Objek wisata ini berlokasi di Kampung Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupten Serang, Banten. Berjarak 101 km dari Jakarta ini memiliki luas sekitar 2.500 hektare. Di dalamnya terdapat 250 spesies burung serta beberapa spesies hewan lainnya.

Rute Menuju Rawa Dano Banten

Sobat Turisian yang berminat untuk mengunjungi kawasan wisata cagar alam Rawa Dano ini, bisa menjangkaunya dengan melewati jalur Bandung-Bogor-Rangkasbitung-Cimeong. Dengan jarak yang akan kalian tempuh sekitar 321 kilometer.

Baca juga: Bukit Waruwangi Serang, Wisata Kekinian Banten yang Sejuk Bikin Betah

Selanjutnya perjalanan akan Sobat Turisian lanjutkan dari daerah Cimeong menuju Padarincang dengan jarak tempuh mencapai 4 km. Setelah itu, perjalanan terus berlanjut dari Desa Citasuk hingga Kampung Ranca Sumur. Tiba di lokasi akan kalian tempuh dengan berjalan kaki dan menaiki sebuah perahu kecil.*

 

Pos terkait