Menyusuri Keindahan Gua Kiskendo di Pegunungan Menoreh

Gua Kiskendo Kulon Progo
Gua Kiskendo Kulon Progo, Yogyakarta. (Source: Dinpar Kulon Progo)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian penyuka wisata susur gua, mesti coba menyusuri keindahan dalam kegelapan Gua Kiskendo Kulon Progo. Objek wisata kawasan karst ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo di Pegunungan Menoreh, DI Yogyakarta.

Gua ini memiliki kedalaman sepanjang 1,5 kilometer dan terdapat dua percabangan besar di dalamnya. Di kawasan ini juga terdapat bumi perkemahan yang bisa Sobat Turisian sewa dengan fasilitas yang lengkap.

Keunikan yang menjadi daya tarik gua aktif ini menyajikan banyak ornamen stalaktit dan stalagmit. Kemudian di dekat mulut Gua Kiskendo terdapat relief pahatan pada dinding batu yang menggambarkan kisah tentang tokoh pewayangan Jawa berupa penggalan cerita Ramayana.

Relief tersebut berkisah mengenai tokoh-tokoh pewayangan dan pertempuran hebat antara Masosuro-Lembusuro melawan Sugriwo-Subali. Ada 9 bekas pertapaan di dalam gua ini dan dianggap keramat. Di antaranya Pertapaan Tledek, Kusuman, Padasan, Santri Tani, Semelong, Lumbung Kampek, Selumbung, Seterbang, dan Sekandang.

Sejarah Penemuan Gua Kiskendo

Penemuan Gua Kiskendo pertama kali pada tahun 1820 dan banyak pertapa kala itu yang memanfaatkannya untuk mencari ketenangan batin. Kemudian pada tahun 1964, gua ini mulai terbuka untuk umum sebagai tempat wisata minat khusus religi untuk pertapaan.

Baca juga: Jalan-jalan ke Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo yang Menyenangkan

Berikutnya pada 1974, pemerintah setempat melalui Dinas Pariwisata Provinsi DI Yogyakarta (DIY) mulai melirik gua ini untuk pengembangan menjadi objek wisata andalan. Sampai pada tahun 1979 objek wisata ini resmi di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata Provinsi DIY.

Pengelolaan pun berlanjut oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo. Sejak tahun 2005, dinas ini membina masyarakat sekitar dan menjadikan kelompok sadar wisata Kiskendo.

Lokasi Gua Kiskendo Kulon Progo

Objek wisata gua ini terletak di kawasan Pegunungan Menoreh. Masuk ke dalam wilayah Dusun Sokomoyo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Berada di dataran tinggi 800 mdpl.

Jaraknya sekitar 38 km dari Kota Jogja dan 21 km dari Wates. Tepatnya di sebelah barat laut Kota Wates, ibu kota Kabupaten Kulon Progo.

Destinasi wisata Gua Kiskendo juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Antara lain area parkir yang luas, tempat istirahat berbentuk pendopo, dan toilet umum.

Baca juga: Gunung Kuniran Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Sunset

Sobat Turisian juga bisa sekalian mampir ke sejumlah objek wisata lain tak jauh dari gua ini. Beberapa tempat wisatanya, yaitu Gua Sumitro, Gunung Kelir, dan Watu Blencong.*

 

Pos terkait