Pantai Pulau Kalong Gunungkidul Sajikan Pesona Alam dan Ombak yang Eksotis

Pantai Pulau Kalong
Pantai Pulau Kalong Gunungkidul, Yogyakarta. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Gunungkidul bisa dibilang gudangnya objek wisata pantai Yogyakarta. Sobat Turisian bisa menjelajahi deretan pantai indah di sana. Seperti Pantai Pulau Kalong yang memesona dengan lanskap alam dan ombak yang eksotis.

Berlokasi di Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Nama Pantai Pulau Kalong muncul karena di daerah ini terdapat banyak kalong atau kelelawar. Selain itu, warga juga menyebutnya Pulau Gelatik. Tentu saja di daerah tersebut banyak dijumpai burung gelatik.

Di pantai ini juga terdapat tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Jadi jangan bayangkan Sobat Turisian akan menikmati pantai berpasir putih di tempat ini.

Namun meski begitu, keindahan hamparan pulau hijau di sana wajib Sobat Turisian nikmati. Warna hijau tersebut berasal dari semak belukar yang menyelimuti bagian permukaan Pantai Pulau Kalong.

Tempat wisata Gunungkidul ini sangat cocok bagi Sobat Turisian penyuka wisata alam yang sedikit ekstrem, tenang, dan jauh dari keramaian. Dengan suara deburan ombak yang menghantam karang-karang di bawahnya.

Jembatan Gantung Pantai Pulau Kalong

Nah ada hal yang menarik dari destinasi wisata ini, yaitu berupa kereta gantung dan jembatan gantung sepanjang 30 m yang bisa Sobat Turisian naiki. Jembatan ini pun menjadi salah satu spot foto ciamik dan instagenik yang populer di sana.

Jembatan tersebut merupakan buatan warga sekitar menggunakan tali tampar dan beberapa kayu untuk pijakan kakinya. Cukup bayar Rp25.000, Sobat Turisian akan mendapatkan pengalaman baru yang memacu adrenalin sambil menambah stok foto yang keren.

Baca juga: Pantai Ngandong Gunungkidul yang Memesona dan Menenangkan Pikiran

Spot jembatan gantung di Pantai Pulau Kalong semula digunakan warga setempat untuk memancing ikan atau lobster dalam memenuhi kebutuhan mereka. Tetapi seiring berkembangnya wisata pantai di sekitar tempat ini, kini menjadi daya tarik wisata.

Atraksi Wisata Pantai Pulau Kalong

Atraksi wisata lainnya di objek pantai ini, menikmati keindahan momen sunset dan sunrise yang eksotis. Pas banget buat Sobat Turisian yang hobi fotografi dan pecinta wisata selfie.

Ada lagi atraksi menarik bagi Sobat Turisian pecinta rock fishing. Cukup membayar Rp100.000 per orang, sudah bisa merasakan asyiknya memancing dengan target utama lobster dan beberapa ikan laut.

Jika ingin merasakan suasana malam, Sobat Turisian juga bisa mengadakan camping bersama teman maupun keluarga di sini. Biayanya hanya sebesar Rp50.000 untuk bisa camping di pulau ini. Namun Sobat Turisian perlu memperhatikan perkiraan cuaca agar menemukan momen yang tepat untuk camping dan menikmati malam yang eksotis di pantai ini.

Saat wisata ke objek wisata Yogyakarta ini, Sobat Turisian bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata pantai lainnya yang berdekatan. Yaitu Pantai Sinden di seberangnya Pulau Kalong dan Pantai Jungwok. Menariknya lagi, Sobat Turisian hanya bayar retribusi sekitar Rp. 6000  di awal dan sudah bisa menikmati ketiga pantai tersebut.

Tips Wisata ke Pantai Pulau Kalong

Jika berangkat dari Kota Yogyakarta, Sobat Turisian akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam. Tips berwisata ke sini, Sobat Turisian gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Karena akses menuju tempat ini belum terlalu bagus dan masih berupa jalan bebatuan kapur bercampur tanah.

Baca juga: Menyusuri Keindahan Gua Cerme Yogyakarta, Tempat Pertemuan Para Wali Songo

Selain itu, jangan lupa membawa bekal makanan sendiri dari rumah, sebab di sana belum terdapat fasilitas tempat makan atau restoran. Tapi saat membawa bekal, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya!

 

Pos terkait