Menyusuri Keindahan Gua Cerme Yogyakarta, Tempat Pertemuan Para Wali Songo

Gua Cerme
Gua Cerme Yogyakarta yang memukau. (Source: visitingjogja)

TURISIAN.com – Senang dengan wisata yang tak biasa? Sobat Turisian bisa mencoba sensasi menyusuri gua. Ada Gua Cerme di Yogyakarta yang patut Sobat Turisian datangi.

Wisata susur gua yang cukup menarik ini terletak di perbatasan Imogiri, Kabupaten Bantul dengan Panggang Kabupaten Gunungkidul. Berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl.

Selain menyajikan keindahan dalam kegelapan, Gua Cerme juga menjadi tempat bersejarah dalam perjalanan Wali Songo. Dahulu gua ini menjadi tempat pertemuan para Wali Songo untuk membahas dakwah Islam dan membahas pendirian Masjid Agung Demak.

Saat memasuki gua ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit. Lebih menarik lagi karena di dalamnya terdapat juga air terjun dan sungai bawah tanah yang mengalir di sepanjang gua.

Panjang Gua Cerme sendiri memiliki panjang 1,5 km dengan mulut gua berada di Bantul. Sedangkan pintu keluarnya berada di Gunungkidul.

Tak hanya itu, pesona keindahan gua pun tampak pada ornamen dinding gua yang bersinar saat terkena sinar lampu senter. Daya tarik lainnya, berupa tempat pertapaan yang sering dipakai orang-orang zaman dulu dan masih ada hingga kini.

Baca juga: Berlibur di Yogyakarta, Jangan Lupa Mampir ke Embung Nglanggeran di Kaki Gunung Api Purba

Bahkan jika beruntung, Sobat Turisian akan bertemu orang yang sedang bertapa. Sehingga tak heran juga saat di dalam gua akan tercium bau wangi dari dupa dan kemenyan.

Pemandu & Perlengkapan Susur Gua Cerme

Demi keselamatan, sebelum masuk Gua Cerme Yogyakarta, Sobat Turisian wajib melapor terlebih dahulu kepada pemandu karena terdapat percabangan yang membuat bingung di dalam gua. Untuk menelusuri gua ini juga diperlukan beberapa perlengkapan yang bisa sewa dari tempat penyewaan di sekitar lokasi.

Selama penelusuran gua, Sobat Turisian pun disarankan untuk mengikuti pemandu yang berada di depan barisan. Gunanya, agar tidak tersesat dan tehindar dari bahaya karena ada beberapa titik yang cukup dalam.

Penelusuran gua ini menuntut Sobat Turisian berbasah-basahan karena melawati aliran sungai bawah tanah dan tidak memakai pelampung seperti di Kalisuci. Makanya harap membawa baju ganti karena di beberapa titik ketinggian air bisa mencapai pinggang atau dada orang dewasa.

Jangan kaget pula ketika kegiatan ini berlangsung melihat orang beraktivitas di sekitar gua. Mereka menggunakan air sungai gua untuk kebutuhan sehari-hari terutama mencuci pakaian.

Rute Menuju Gua Cerme Yogyakarta

Untuk menuju tempat wisata Yogyakarta ini, bisa berangkat dari Kota Yogyakarta ke arah selatan melewati Terminal Giwangan dan Jalan Imogiri Timur. Lalu ikuti jalan menuju ke arah Siluk atau Selopamioro.

Baca juga: Menyusuri Keindahan dalam Kegelapan Gua Jomblang yang Cukup Menantang

Setelah melewati jembatan Sungai Oyo Siluk akan menemui persimpangan jalan, pilihlah jalan ke arah kanan. Dari situ, beberapa meter berselang ada simpangan lagi. Pilih ke arah kiri atau lurus dengan kondisi jalan naik. Ikuti jalan tersebut hingga ujung atau area parkir wisata Gua Cerme.*