Yuk Refreshing Dulu di Ranu Klakah, Danau Alami Indah di Lumajang!

Ranu Klakah Lumajang
Ranu Klakah Lumajang yang indah. (Source: Disparbud Lumajang)

TURISIAN.com – Lelah dan penat setelah kembali ke rutinitas pekerjaan, berarti saatnya refreshing dulu nih Sobat Turisian ke tempat alami jauh dari keramaian. Kalau bingung cari tempatnya, coba deh ke Ranu Klakah Lumajang.

Ranu Klakah merupakan sebuah telaga atau danau alami yang mempunyai pemandangan alam nan indah dengan latar Gunung Lamongan. Terletak di bagian Utara Lumajang, tepatnya di Desa Tegal Randu Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Danau alami ini terbentuk dari letusan Gunung Lemongan dan menjadi danau terluas dan terbesar di antara ketiga danau yang berada di lereng gunung tersebut. Kondisinya masih cukup alami dan menjadi salah satu tempat favorit warga setempat untuk mencari ikan.

Objek wisata Lumajang berada pada ketinggian 900 mdpl dengan luas 22 hektar dan kedalaman mencapai 30 meter. Jadi saat Sobat Turisian berdiri di tepinya, akan tampak pemandangan Ranu Klakah yang luas membentang.

Saat cuaca cerah dan tidak tertutup kabut, panorama Ranu Klakah makin memesona dengan terlihatnya latar Gunung Lemongan atau disebut juga Gunung Lamongan. Cantik sekali buat spot Sobat Turisian yang senang dengan swafoto instagenik.

Baca juga: Air Terjun Madakaripura Tertinggi di Jawa dan Lekat dengan Gadjah Mada

Hawa di tempat ini cukup sejuk khas pegunungan karena letaknya di lereng gunung dan posisinya cukup tinggi. Air danaunya pun bersih dan jernih yang berasal dari beberapa sumber mata air di sekitar danau. Akan membuat Sobat Turisian nyaman dan bisa bikin rileks tubuh dan pikiran.

Fasilitas & Aktivitas di Ranu Klakah

Destinasi wisata Lumajang ini telah lengkap dengan sejumlah fasilitas pendukung wisata. Seperti tempat parkir, ruang pertemuan, hotel berkapasitas 6 kamar, musala, kamar mandi, dan ruang ganti. Ada juga taman bermain, gazebo, dermaga perahu, perahu mesin, keramba ikan, serta jalur melingkar di ranu untuk spot berfoto dan jalan-jalan santai.

Nah untuk aktivitas yang menarik dan favorit pengunjung, Sobat Turisian bisa mencoba berkeliling danau menggunakan perahu motor atau menaiki becak air. Penyewaan perahu dan becak air tersebut tersedia di sana dengan harga tiket yang masih terjangkau.

Dengan menaiki perahu motor, Sobat Turisian dapat menikmati setiap sudut kawasan Ranu Klakah tanpa perlu bersusah payah berjalan kaki mengelilingi danau. Puas naik perahu, bisa berlanjut ke sebuah taman kecil tempat bermain yang rindang, dibangun di samping pintu air Ranu Klakah.

Dari situ, Sobat Turisian bisa beristirahat sambil mengisi perut setelah lelah beraktivitas. Tempatnya di warung apung yang dibangun di tepi danau. Di situ tersedia aneka hidangan kuliner khas Ranu Klakah berupa olahan ikan air tawar. Soal harga tak usah khawatir Sobat Turisian, masih terjangkau.Tapi tak ada salahnya untukm bertanya dulu soal harga makanannya ya! Biar lebih tenang makannya!

Oh iya, Sobat Turisian juga bisa berkunjung sekalian ke objek wisata danau yang lain di sekitar Klakah. Ada Ranu Pakis yang hanya berjarak sekitar 500 meter ke sebelah kanan, dan Ranu Bedali yang berada di satu Kecamatan Klakah.

Lokasi & Akses Ranu Klakah Lumajang

Lokasi objek wisata danau di Lumajang ini, berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Lumajang ke arah utara. Akses jalan menuju ke sini cukup bagus dengan jalan beraspal yang dapat Sobat Turisian tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Serunya Naik Perahu Layar di Pantai Pasir Putih Situbondo

Rute perjalanan menuju ke sana dapat Sobat Turisian mulai dari Terminal Minakkoncar Wonorejo. Kemudian arahkan perjalanan ke Kedungjajang hingga tiba di Klakah atau depan stasiun Klakah. Bagi yang tak membawa kendaraan bisa naek transportasi umum dari Terminal Minakkoncar.*

Pos terkait