Yuk Saksikan Festival Pesona Kebangsaan 2022 di Ende, Peringati Lahirnya Pancasila!

Festival Pesona Kebangsaan 2022
Mengarak Simbol Pancasila Raksasa di Festival Pesona Kebangsaan tahun lalu.

TURISIAN.com – Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur mendapat julukan sebagai Kota Pancasila. Julukan tersebut muncul karena Ende jadi saksi bisu lahirnya Pancasila yang Bung Karno cetuskan. Nah, buat mengenang peristiwa bersejarah itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Ende berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Festival Pesona Kebangsaan 2022.

Tahun lalu event NTT tahunan ini berlangsung meriah banget! Di tahun ini, rangkaian kegiatan pada Festival Pesona Kebangsaan 2022 akan dibuat lebih istimewa lagi. Lokasinya di destinasi wisata Ende. Bikin penasaran, ‘kan Sobat Turisian? Simak ulasan berikut ini!

Parade di Festival Pesona Kebangsaan 2022

Jika datang langsung ke Festival Kebangsaan ini, jamin Sobat Turisian tak akan nyesel. Event wisata Ende ini akan berlangsung pada 30 Mei 2022 sampai 1 Juni 2022. Festival Pesona Kebangsaan 2022 mengusung tema “Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia”.

Festival tersebut juga bakal menyajikan tiga parade spektakuler. Sobat Turisian bisa menyaksikan Parade Laut, Parade Utara, dan Parade Darat yang semuanya akan meriah dengan berbagai kegiatan.

Parade Laut akan diisi berbagai kegiatan, mulai dari doa bersama, Dialog Pancasila, sampai parade perahu dan kapal nelayan. Perahu dan kapal tersebut akan mengarak simbol Pancasila raksasa, dengan rute Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende (Pelabuhan Soekarno).

Berikutnya, Parade Udara yang menyuguhkan atraksi paralayang dengan garis start di Puncak Paralayang Kezimara dan mendarat di Pantai Kota Raja. Kedua destinasi wisata NTT itu punya pemandangan alam yang memesona banget.

Baca juga: Menjelajah TWA Ruteng NTT untuk Menikmati Keindahan Danau Ranamese

Kemudian dalam Parade Darat, Sobat Turisian bisa menyaksikan keunikan ragam seni dan budaya khas Ende dan Nusantara. Istimewanya lagi, Sobat Turisian bisa nonton pembacaan narasi di tiap situs bersejarah yang terlewati selama Parade Darat berlangsung.

Jalurnya melewati Pelabuhan Soekarno, Kantor Polisi Militer, Rumah Pengasingan Soekarno, Serambi Soekarno, Gedung Imaculata, Makam Ibu Amsi, dan Taman Permenungan Pancasila.

Ikuti Malam Renungan dan Upacara Pancasila

Selain beragam parade, Festival Pesona Kebangsaan 2022 juga akan lebih khidmat dengan adanya sesi Malam Renungan. Kegiatan ini merupakan agenda wajib dalam setiap penyelenggaraan Festival Pesona Kebangsaan.

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Taman Bung Karno di malam sebelum peringatan hari lahirnya Pancasila. Program ini makin terasa berkesan dan menyentuh dengan acara penyalaan obor dan renungan. Sobat Turisian bersama masyarakat juga bisa nonton pentas seni dari sanggar lokal yang tersaji di sana.

Tepat pada tanggal 1 Juni 2022, Festival Pesona Kebangsaan 20222 akan ada upacara di Lapangan Pancasila. Ada juga gelaran Dialog dan Orasi Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia. Sobat Turisian pun bisa melihat dan belanja produk UMKM lokal di Pameran Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Tiga Tempat Wisata di Alor NTT yang Bikin Betah dengan Sajian Ragam Aktivitas Seru

Pokoknya lengkap dan seru banget! Sobat Turisian pasti terhibur. Di sisi lain, nelayan, seniman, sanggar, pelaku ekraf maupun pelaku pariwisata di sana ikut merasakan dampak positif. Satu event bisa jadi penggerak ekonomi dan buka peluang usaha juga buat masyarakat lokal. Itulah keindahan dan keunikan wisata Indonesia.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

 

Pos terkait