Goa Rancang Kencono yang Memukau, Saksi Bisu Perjuangan Tentara Mataram

Goa Rancang Kencono
Goa Rancang Kencono. (dok. visitingjogja)

TURISIAN.com – Gunungkidul menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan ke Yogyakarta. Tak hanya pantainya yang indah, daerah ini pun memiliki destinasi wisata gua yang memesona, seperti Goa Rancang Kencono.

Rancang Kencono termasuk jenis gua vertikal dan masyarakat sekitar percaya bahwa gua ini sudah ada sejak zaman purba. Karena di dalam gua ini pernah ada penemuan artefak yang diperkirakan sudah berusia ribuan tahun.

Nama Rancang Kencono sendiri berarti merancang sesuatu yang mulia. Panggilan ini muncul sebab dahulu kala, gua tersebut pernah menjadi tempat persembunyian tentara Kerajaan Mataram. Guna merancang dan mempersiapkan rencana perlawananan kepada kolonial Belanda.

Untuk memasuki area gua ini, Sobat Turisian meski menuruni anak tangga yang terbuat dari batu yang tersusun cukup rapi. Begitu tiba di dalam gua, Sobat Turisian akan disambut oleh Pohon Klumpit yang sangat tinggi. Bahkan tingginya melampaui atap goa.

Pohon Klumit tersebut menjadi salah satu ikon penting Goa Rancang. Konon keberadaannya sudah lebih dari dua abad. Pohon ini tumbuh di atas pelataran yang berada di depan mulut goa dan tinggi menjulang menerobos atap goa.

Dari dalam Gua Rancang Kencono, Sobat Turisian bisa melihat ke atas dan menikmati pemandangan yang cantik. Puas di titik tersebuut, Sobat Turisian akan melanjutkan lagi penyusuran gua ini dengan menuruni tangga kembali untuk sampai di pelataran goa. Di lokasi inilah dahulu tentara Kerajaan Mataram berkumpul menyusun strategi.

Keistimewaan Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Keistimewaan Goa Rancang, yakni memiliki ruangan lapang yang luasnya sekira 20m x 20m dengan tinggi kurang lebih 1 meter. Space yang luas tersebut biasanya digunakan untuk tempat sarasehan, kemping, dan acara kumpul-kumpul lainnya.

Meskipun berada di bawah tanah, tetapi ruangan tempat wisata Yogyakarta ini cukup terang dengan pancaran sinar matahari langsung dari atas goa. Tidak banyak ornamen yang bisa Sobat Turisian temukan di dinding dan atap Goa Rancang Kencono. Hanya tampak beberapa stalagtit yang menggantung di langit-langit gua.

Pada bagian dalam dari ruangan gua masih terdapat ruangan lain yang ukurannya lebih kecil dan gelap. Untuk masuk ke sana, Sobat Turisian harus menunduk dan perlu hati-hati karena celahnya yang sempit.

Baca juga: Pantai Ngandong Gunungkidul yang Memesona dan Menenangkan Pikiran

Di dalam ruangan kecil itu kalian bisa melihat sebuah lukisan bendera merah putih lengkap dengan kata-kata penyemangat. Rupanya lukisan itu sudah ada sejak era perjuangan dulu dan sengaja dibuat untuk menyemangati pejuang kemerdekaan terdahulu. Wuih keren ya para pejuang Indonesia, Sobat Turisian!

Fasilitas Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Tempat wisata Gunungkidul ini, tak hanya menyajikan keindahan gua. Namun di sini Sobat Turisian juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Seperti camping dan kegiatan outbond. Pelataran gua yang cukup luas sanggup menampung puluhan orang.

Ada satu kegiatan yang menarik di sana yang wajib Sobat Turisian rasakan sensasinya. Kegiatannya yaitu turun ke dasar gua dengan menggunakan bantuan tali dari atas permukaan goa. Selain menyenangkan namun aktivitas ini juga menegangkan.

Fasilitas lain yang tersedia, antara lain area parkir yang luas, kamar mandi umum, warung, dan pemandu. Di tempat ini, selain berwisata alam Sobat Turisian juga akan diajak berwisata sejarah. Sehingga sangat disarankan untuk memakai jasa pemandu agar lebih mendapatkan insight sejarah terdahulu.

Tiket Masuk Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Masuk ke destinasi wisata Yogyakarta ini, Sobat Turisian tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, sebab harga tiketnya sangat terjanggkau. Hanya sekitar Rp 10.000/orang. Tiket ini sudah termasuk dengan tiket masuk kawasan wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Sobat Turisian jika ingin menkmati pesona Gua Rancang, ada pilihan waktu yang pas. Yaitu saat pagi dan sore hari karena pemandangan dari sinar matahari yang masuk ke goa akan semakin terlihat mempesona. Disarankan juga untuk membawa senter untuk alat penerangan ketika berada di dalam goa.

Lokasi Goa Rancang Kencono Yogyakarta

Goa Rancang Kencono berlokasi di Mungguran II, Bleberan, Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Cara mudah untuk menuju ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Menyusuri Keindahan dalam Kegelapan Gua Jomblang yang Cukup Menantang

Rute menuju ke sana, Sobat Turisian bisa berangkat dari pusat Kota Jogja. Kemudian arahkan mobil ke Jalan Wonosari, lalu ke arah Patuk, ikuti jalan hingga sampai ke pertigaan lampu merah Playen.

Dari lampu merah ambil jalan ke arah kanan mengikuti jalan utama dan ikuti papan petunjuk menuju ke arah Goa Rancang Kencono. Lokasinya sangat dekat dengan wisata Air Terjun Sri Gethuk.

 

Pos terkait