Terpesona dengan Keindahan Alam Pulau Samalona, Surga Bahari di Makassar

Pulau Samalona
Pulau Samalona Makassar yang memukau. (Source: Dispar Makassar)

TURISIAN.com – Wilayah bagian timur Indonesia memang terkenal menyimpan berbagai destinasi wisata bahari yang memukau. Seperti Pulau Samalona di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Lokasi Pulau Samalona berada di Kecamatan Ujung Pandang atau sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Makassar. Dapat Sobat Turisian tempuh menggunakan perahu mesin dari dermaga dekat Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam.

Meski tergolong pulau yang kecil dengan luas 2 hektar, namun keindahan yang tersaji di pulau tersebut sungguh menawan. Pantainya indah dengan hamparan pasir putih, pepohonan yang mengelilingi pulau, dan birunya laut menjadi paket lengkap yang bisa Sobat Turisian nikmati.

Baca juga: Benteng Fort Rotterdam Makassar, Bukti Kejayaan Kerajaan Gowa-Tallo

Saking halusnya hamparan pasir putih yang bersentuhan dengan kulit kaki, membuat nyaman siapa pun yang berada di atasnya. Lebih seru lagi, Sobat Turisian ajak keluarga dan pengusaha. Setelah puas dan lelah bermain pasir, wisatawan bisa berteduh di antara pepohonan yang menyejukkan, sambil menikmati panorama pantai.

Keindahan Bawah Laut Pulau Samalona

Samalona tak hanya memesona di daratan, tapi juga indah di alam bawah lautnya. Ditambah gugusan terumbu karang yang menjadi tempat tinggal berbagai biota laut yang amat menawan.

Ada satu keistimewaan dan menjadi daya tarik potensial, tersimpan di bawah laut Pulau Salona. Berupa bangkai kapal perang sisa pertempuran Perang Dunia II, berada pada kedalaman 30 meter. Menjadikan aktivitas jelajah penyelaman bawah laut semakin berkesan.

Surga tersembunyi di bawah laut ini juga bisa dinikmati dari bibir pantai, saking beningnya air laut di sana. Birunya laut yang membentang pun sungguh memanjakan mata.

Baca juga: 6 Makanan Khas Makassar yang Sayang Untuk Dilewati

Menyusuri keindahan pulau ini seakan tidak ada habisnya. Jika tertarik untuk se sana, ingat selalu untuk tetap menjaga keindahannya dengan tidak meninggalkan sampah.*

 

 

 

Pos terkait