Jalan-Jalan ke Monumen Kediri yang Megah dan Menyerupai L’arch D’ Triomphe Prancis

Monumen Kediri
Monumen Kediri Simpang Lima Gumul. (iStock)

TURISIAN.com – Monumen Kediri menjadi ikon wisata baru Kabupaten Kediri yang menarik untuk Sobat Turisian sambangi. Keistimewaan monumen tersebut bentuknya menyerupai bangunan landmark L’arch D’ Triomphe, Paris, Prancis. Sobat Turisian mesti berkunjung ke sini biar serasa liburan ke Paris.

Bangunan megah nan unik ini berdiri di tengah-tengah Simpang Lima Gumul, Kediri. Monumen ini memiliki spirit berdirinya Kabupaten Kediri, sehingga lokasinya berada tepat di tengah jalur lima arah jalan, yaitu jalur Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren, dan Menang.

Simpang Lima Gumul sendiri, diproyeksikan menjadi kota baru dan pusat perdagangan Jawa Timur bagian barat (Central Business District). Selain Monumen Kediri, terdapat juga convention hall dan gedung serbaguna. Selanjutnya ada bank daerah, terminal bus antar kota dan MPU, dan sarana rekreasi megah Water Park Gumul Paradise Island.

Luas bangunan monumen tersebut sekira 804 meter persegi dengan tinggi mencapai 25 meter. Angka luas dan tinggi monumen tersebut mencerminkan tanggal, bulan, dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 Masehi.

Baca juga: Air Terjun Madakaripura Tertinggi di Jawa dan Lekat dengan Gadjah Mada

Kemudian bangunan ini ditumpu tiga tangga setinggi 3 meter dari dasar pura. Pada bagian sisi Monumen Kediri terdapat pahatan relief-relief tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang.

Daya Tarik Wisata Monumen Kediri

Sobat Turisian bisa memasuki bangunan ini hingga ke atapnya. Dari puncak monumen, Sobat Turisian bisa menikmati lanskap Kediri. Lebih asyik lagi saat malam hari karena akan tampak keindahan city light. Di malam hari, lebih menarik juga untuk berburu foto instagenik, dengan latar monumen yang berhiaskan lampu-lampu sehingga menambah kesan eksotik.

Saat ini, kawasan monumen Simpang Lima Gumul ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di malam hari. Saat malam hari, Sobat Turisian bukan hanya menikmati keindahan monumen, tapi bisa mencicipi kelezatan aneka kuliner tradisional Kediri yang dijajakan pedagang kaki lima di area Pasar Tugu kawasan tersebut.

Sementara di akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu pagi, kawasan ini ramai pengunjung yang berolahraga jogging track. Lalu rekreasi bersama keluarga dan juga menikmati ramainya pasar dadakan Sabtu Minggu (Tugu).

Ke depannya, kawasan wisata ini akan semakin lengkap dan lebih menarik dengan rencana penambahan sejumlah daya tarik dan fasilitas penunjang wisata. Seperti hotel, mall, pertokoan, pusat grosir, dan pusat aneka produk unggulan dan cendera mata. Sedangkan area monumen akan segera berfungsi sebagai mini market, gedung pertemuan cafeteria, dan pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan.

Baca juga: Wisata Malam Yogyakarta, Ada Tugu Jogja yang Ikonik dan Instagenik

Objek wisata Kediri ini berlokasi di kawasan Simpang Lima Gumul. Berjarak sekitar 6 km dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit dari pusat kota Kediri. Atau sekitar 120 km dengan perjalanan selama 2,5 jam dari Bandara Juanda Surabaya.*

 

Pos terkait