Pesawat Garuda Terbang Dengan Pintu Bagasi Masih Terbuka, Kok Bisa?

Pesawat Garuda
Maskapai Garuda Indonesia. (iStock)

TURISIAN.com – Pesawat Garuda mendadak viral di media  sosial. Penyebabnya, saat pesawat hendak terbang pintu bagasi masih terbuka. Ngeri juga ya, sobat Turisian.

Nah, apa yang menjadi penyebab bakasi terbuka, sementara pesawat terus terbang, pihak Garuda Indonesia sedang melakukan evaluasi.

Tapi yang jelas peristiwa ini membuat calon penumpang jadi khawatir. Bagaimana sebuah maskapai berkelas bisa mengalamai kejadin seperti itu.

Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan peristiwa itu terjadi pada pesawat GA 309 dengan rute Surabaya-Jakarta. Penerbangan pada Rabu 27 April 2022, pukul 11.25 WIB.

BACA JUGA: Maskapai Jetstar Kembali Buka Rute Australia-Bali, Bawa Reporter Dunia

“Garuda Indonesia saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan kondisi pintu kompartemen kargo pada pesawat penerbangan GA 309 Rute Surabaya-Jakarta yang terbuka itu,” kata Irfan kepada wartawan, pagi ini, Kamis 28 April 2022.

“Iya, diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas di Bandara Internasional Juanda, Surabaya,” sambung Irfan yang lulusan ITB ini.

Terlihat oleh Petugas Avsec

Irfan mengatakan saat itu pesawat telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan standar operasional yang berlaku.

Namun, ketika pesawat bersiap untuk pushback, petugas Avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna.

BACA JUGA: Eco Resort di Desa Wisata Arborek, Suguhkan Sunset Terbaik yang Romantis

“Kondisi tersebut juga terlihat oleh Pilot melalui indikator di cockpit yang kembali menyala dan menunjukkan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat,” jelasnya.

Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku, kata Irfan.

Saat itu, lanjutnya, petugas juga turut melakukan pengecekan berulang dan menyeluruh. Hal ini, guna memastikan seluruh pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas.

Irfan mengatakan atas temuan ini Garuda Indonesia melakukan evaluasi.

BACA JUGA: Pernah Nyobain Pantai Hidden Gem Bali Satu ini, Owh Surga Man…

“Atas temuan ini, Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait. Tindakan ini dilakukan, guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali,” katanya.

Adapun penerbangan GA 309 telah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Rabu (27/4) pukul 13.20 WIB.

Garuda pun meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut.

“Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami. Dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal. Melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan ke depannya,” pungkas Irfan. ***

Sumber: detikcom

Pos terkait