Bisnis OTA Untung Gede di Event MotoGP, Pendapatan Naik 200 Persen

Bisnis OTA Untung Gede
ILustrasi. Penonton Indonesia antusias menyambut para pembalap MotoGP saat parade di Jakarta. (iStock)

TURISIAN.com – Perhelatan event MotoGP telah memberikan banyak keuntungan. Tidak saja bagi masyarakat sekitar, bisnis OTA untung gede karena balapan ini terbilang sukses dalam penyelenggaraan selama tiga hari, 18-20 Maret lalu.

Online travel agency (OTA) tiket.com, misalnya, mencatat lonjakan transaksi sebesar lebih dari 200 persen khusus di wilayah Lombok dan Bali.

Kenaikan fantastik, paling tidak dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

BACA JUGA: Kreativitas Anak Muda Ini Paling Mencuri Perhatian di Ajang MotoGP Mandalika

“Kita sudah lihat kemarin acaranya (MotoGP) sangat sukses. Transaksi dari bundling dan tiket kami mencatat lonjakan transaksi sebesar lebih dari 200 persen di Lombok dan di Bali,” ujar Public Relation Manager, tiket.com, Sandra Darmosumarto seperti dikutip Turisian.com, Selasa 22 Maret 2022.

“Kalau kita compare dari Q1 2021, di 2022 kami mendapat lonjakan sebesar 200 persen,” sambungnya.

Sandra menyebutkan, tiket.com menjual lebih dari 27 ribu tiket MotoGP dan kinerja penjualan ini berkontribusi pada 49 persen dari total keseluruhan performa vertikal Entertainment yang menaungi produk tiket To Do di platform tiket.com.

Penjualan Tiket MotoGP

Penjualan tiket MotoGP Mandalika secara langsung berdampak positif pada pertumbuhan bisnis akomodasi di tiket.com.

BACA JUGA: Yuk Coba Nikmati 5 Aktivitas Wisata Olahraga di Mandalika Lombok Berikut Ini!

Menjelang pagelaran MotoGP, jumlah pemesanan akomodasi di area Lombok dan Bali meningkat sebesar lebih dari 112 persen.

Angka ini berkontribusi signifikan terhadap pendapatan bisnis akomodasi di tiket.com yang tumbuh sebesar 57 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di Q1 2021.

Kemudian, dari sisi transportasi, penjualan tiket pesawat di Lombok dan Bali juga mengalami peningkatan dengan capaian lebih dari 350 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2021.

“Ini sangat signifikan apalagi kemarin itu flight agak sedikit struglling tetapi dengan adanya ajang ini orang-orang pada mulai booking. Kalau dibandingkan untuk semua lini bisnis kami, dibandingkan Q1 tahun lalu, kami meningkat sebesar 92 persen untuk semua lini di seluruh Indonesia,” tutur Sandra.

BACA JUGA: Jangan Terlewat, Simak Sederet Kuliner di Festival Jajanan MotoGP Mandalika

MotoGP Menjadi Batu Loncatan

Sandra menilai masyarakat antusias terhadap perhelatan MotoGP dan ini nantinya menjadi momen mendorong pertumbuhan industri pariwisata Indonesia khususnya di Lombok secara signifikan.

“Kami sangat positif ya melihat dengan adannya pergelaran seperti MotoGP bisa sebuah batu loncatan itu recovery dari industri pariwisata,” ungkapnya.

Banyak masyarakat yang datang ke ajang MotoGP. Tidak hanya domestik, tetapi juga dari luar negeri.

“Ini sebuah ajang di mana membangkitkan pariwisata Indonesia. So hopefully, kedepannya pun perkembangan dari pariwisata juga lebih membaik,” ujar dia.

Di sisi lain, Area Manager East Indonesia, tiket.com, Rajasa Hadisoemarto mengatakan, penonton MotoGP tidak hanya menyaksikan secara langsung para pebalap kelas dunia MotoGP bertanding tetapi juga menikmati kemolekan wisata di area Lombok dan sekitarnya yang dikenal dengan keindahan alam serta budayanya.

BACA JUGA: Wisata ke Lombok? Cobain Mampir ke Desa Wisata Bilebante, Banyak Aktivitas Seru!

“Berbagai pilihan akomodasi telah laris dipesan sejak awal tahun. Kami pun terus menyediakan berbagai opsi bundling dengan pilihan akomodasi. Mulai dari hotel di area Lombok, Bali, hingga tenda camping di dekat sirkuit Mandalika,” kata dia yang juga menyebutkan Paket Bundling MotoGP yang tersedia sekitar 100 terjual habis.

Salah satu akomodasi yang dimaksud yakni Bobobox X Eiger Campsite Mandalika. Posisinya, menghadap langsung ke bibir pantai Kuta Mandalika.

Termasuk ke Jl. Pariwisata Pantai Kuta, Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Akomodasi ini habis dipesan jelang race utama MotoGP pada Minggu (20/3), ungkap Assistant Resort Manager Bobocabin, Asep Sudrajat.

***

Pos terkait