Kopi Sipirok Padang SidempuanTerpilih Tampil di Ajang Hybrid Expo 2022

Kopi Sipirok
Ilustrasi. Sumatera Utara dikenal memiliki biji kopi dengan aroma dan rasa yang membuat siapapun menikmatinya pasti akan ketagihan. (Instagram/@parboaboa)

TURISIAN.com – Kopi Sipirok Padang Sidempuan, Sumatera Utara terpilih untuk tampil pada ajang bergengsi Hybrid Expo 2022 di Gedung Sarinah, Jakarta 28 September- 2 Oktotober 2022.

Kopi ini sendiri merupakan Usaha Dagang Angkola Kopi Sipirok ( UD AKS). Satu dari lima usaha binaan Rumah BUMN.

“AKS satu-satunya perwakilan Rumah BUMN dari Sumatera yang terpilih,” Gabe Marihot Manalu, pengelola Rumah BUMN Padang Sidempuan, seperti dikutip Turusian.com dari Antaranews, Senin 19 September 2022.

Mendapat kesempatan tampil pada event  Hybrid Expo 2022 oleh Kementerian BUMN dan di sponsori PLN merupakan satu kebanggaan dan kepercayaan yang tinggi bago UD AKS.

BACA JUGA: Nongkrong Asyik di Kopi Opak, Tempat Ngopi Paling Hits di Jogja

“Tidak mudah untuk bisa ikut tampil dalam expo ini. Beberapa tahapan penilaian organisasi pengampu dan kurasi Sarinah harus dilalui, baru ter (di) pilih,” tegasnya.

Menurut Gabe yang didampingi anggota Rumah BUMN Padang Sidempuan UD Sholih Pohan, bahwa untuk bisa menjadi peserta expo adalah UMKM yang sudah listing.

Pasar Digital UMKM

Termasuk, yang sudah memiliki toko di PaDi (Pasar Digital) UMKM Market Place serta sudah terdaftar.

BACA JUGA: Nikmatnya Kopi Butter Racikan Kedai Terang Bintang Pasar Kranggan Jogja

“PaDi UMKM menjadi jembatan ke ekosistem perjalanan UMKM. Sekaligus mengoptimalkan dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN dan memperluas akses permodalan usaha,” katanya.

Lebih jauh, menurutnya, dengan ikut tampil pada hybrid expo 2022 akan membuka peluang bisnis usaha. Khususnya Angkola Kopi Sipirok lebih besar luas lagi ke depan.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat hingga akhir 2021 telah memfasilitasi 13.692 bisnis UMKM.

Dengan total transaksi mencapai Rp19,2 Triliun yang berasal dari 235 ribu jumlah transaksi. Dengan masing-masing UMKM mencatatkan Rp1,4 Miliar per transaksi.

BACA JUGA: Hampir 100 Tahun Berdiri, Ini yang Bikin Kopi Purnama Bandung Tetap Bertahan

Pelaku usaha yang akan tampil pada Hybrid Expo 2022 Gedung Sarinah yang terpilih sebanyak 45 UMKM.

Termasuk UD AKS dengan berbagai produk binaan seperti Dewan Kerajinan Nasional. Ada juga, Kementerian Koperasi dan UKM, Rumah BUMN, Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdlyin (P2NU).

Kemudian, Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah, Bhayangkari, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) seluruh Indonesia. ***

Pos terkait