Oleh-Oleh Legendaris Ini, Melengkapi Para Pelancong Saat ke Kota Bandung

Para Pelancong
Salah satu oleh-oleh keripik tempe yang bisa diperoleh di Oleh-oleh Ros Sari Bandung. (Instagram/@rossari15's profile picture rossari15)

TURISIAN.com – Sejenak melarikan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari, Kota Bandung, Jawa Barat  menjadi surga bagi para pelancong yang haus akan suasana segar dan energi positif.

Pada akhir pekan, jalanan kota ini selalu dipadati kendaraan dari berbagai penjuru, menciptakan gemerlap kehidupan yang tak terhindarkan.

Sementara itu, Kota Bandung tak hanya menjadi tempat tujuan liburan biasa, tapi juga sering menjadi pilihan untuk study tour dari berbagai sekolah di luar kota.

Kehadiran universitas ternama seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, dan Universitas Pendidikan Indonesia menambah daya tarik kota ini sebagai destinasi pendidikan.

BACA JUGA: 9 Tempat Oleh-Oleh di Bandung, Wajib Mampir Sebelum Pulang

Tak terhindarkan, lonjakan jumlah wisatawan turut memicu keberagaman kegiatan di Bandung. Seperti, saat berwisata, kita bisa mengunjungi pusat oleh-oleh.

Cara ini, tampaknya memang sudah menjadi  ritual yang tak boleh terlewatkan. Oleh-oleh menjadi lebih dari sekadar kenang-kenangan, melainkan jendela eksplorasi kuliner dari berbagai budaya di tanah air.

Nah, ada salah satu ikon oleh-oleh di Bandung yang belakangan lagi hits, yakni  Oleh-oleh Bandung Ros Sari. Tepat jajanan ini hadir sejak tahun 2003.

Dibalik kesuksesannya, Ibu Ros, sang pemilik, ternyata duluny seorang mantan pegawai negeri yang bertransformasi menjadi pengusaha berbakat.

BACA JUGA: Liburan Ke Kota Bandung, Jangan Lewatkan 5 Tempat Oleh-oleh Ini

Berlokasi di Jalan Gatot Subroto No.50, Karangmekar, Cimahi, Jawa Barat, toko ini telah menjadi destinasi wajib bagi para penikmat kuliner khas Jawa Barat.

Awalnya, produksi Oleh-oleh Bandung Ros Sari dimulai dalam skala kecil di rumah produksi Melong Asih, Cijerah.

Kini, toko ini tumbuh menjadi pusat oleh-oleh yang besar, menawarkan beragam produk khas Jawa Barat bagi para pelancong.

“Awalnya, produksi hanya sekitar 20 kg untuk satu produk. Namun, seiring berjalannya waktu, Alhamdulillah kami bisa membuka toko di Gatsu, kemudian di dekat Pemkot Bandung,” tutur Ros.

BACA JUGA: Wisata Kuliner ke Batagor H Isan yang Melegenda di Bandung Sejak 1968

Wajit Cililin

Namun, akibat pandemi, kami terpaksa tutup. Sekarang, kami hanya beroperasi di Gatsu dan mengandalkan penjualan online.

“Alhamdulillah, kami bisa memproduksi 1-2 kuintal produk setiap hari,” lanjut Ros.

Oleh-oleh Bandung Ros Sari menghadirkan variasi produk yang menggoda selera. Mulai dari sale pisang, keripik tempe hingga dodol Garut, wajit cililin, simping Purwakarta.

BACA JUGA: Destinasi Unik, Museum Patah Hati di Braga Kota Bandung

Kemudian, ada keripik nangka, dan berbagai macam snack unik seperti kue bangket jahe, bagelen mini, kacang polong, hingga keripik pisang dan kerupuk makaroni.

Harga yang terjangkau menjadi keunggulan Oleh-oleh Bandung Ros Sari. Dengan kisaran harga belasan ribu rupiah per 100gr kemasan, setiap produknya menjadi pilihan yang terjangkau untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu daya tarik utama adalah pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan. Oleh-oleh Bandung Ros Sari selalu memproduksi setiap hari, menjaga kualitas dan kelezatan produknya.

BACA JUGA: Kuliner di Jalan Dr Setiabudi Bandung, Banyak Pilihan yang Menggiurkan

Buka setiap hari dari pukul 07.00-22.00 WIB, Oleh-oleh Bandung Ros Sari di Jalan Gatot Subroto No. 50 menjadi destinasi kuliner yang tidak boleh dilewatkan.

Bahkan telah menjadi pemasok keripik di toko oleh-oleh Kartika Sari. Dan dipercaya untuk mengekspor produknya hingga ke luar negeri, seperti Singapura.

Jelajahi jejak perjuangan dan nikmati sensasi kuliner legendaris di Oleh-oleh Bandung Ros Sari.

Jadi, bagi para pelancong yang kebetulan punya agenda liburan ke Kota Bandung, jangan lewatkan tempat oleh-oleh satu ini ya.

Pos terkait