Wisata Kuliner ke Batagor H Isan yang Melegenda di Bandung Sejak 1968

Batagor H Isan
Batagor H Isan Bandung. (Source: bandung.go.id)

TURISIAN.com – Batagor sudah sejak lama menjadi salah satu kuliner andalan yang khas dari Kota Bandung. Bahkan makanan ini kerap menjadi buruan para wisatawan yang datang ke Bandung sebagai oleh-oleh. Penjualnya cukup banyak, namun ada satu yang sudah melegenda sejak 1968, yaitu Batagor H Isan Bandung.

Bagi Sobat Turisian yang belum mencicipi kelezatan batagor yang satu ini, bisa langsung datang ke salah satu kedainya. Lokasinya berada di Jalan Bojongloa No.38, Kota Bandung.

Kesuksesan makanan ini berkat kerja keras sang pemilik, yakni H Isan, yang sekaligus menjadi nama produknya. Sejak tahun 1968, ia merintis usaha batagornya dengan menjual dagangannya di rumah yang ketika itu masih di Jalan Kopo. Dahulu ia juga menjual dagangannya dengan cara menawarkan ke tetangga hingga berkeliling dari Kopo hingga Kiaracondong.

Saat ini Batagor H Isan sudah memiliki tempat usaha yang tetap. Dengan menghadirkan suasana tempat yang sederhana tetapi tetap menyajikan sajian yang terbaik. Bahkan di wilayah Kota Bandung lainnya tersebar mitra pedagang batagor yang satu ini.

Tak sedikit para pelanggannya menyebutkan bahwa cita rasa batagor ini tidak pernah berubah dari dulu. Hal inilah yang menjadi magnet kuat bagi para pembeli yang selalu pengelola jaga secara turun temurun.

Baca juga: 15 Tempat Kuliner di Bandung Buat Pilihan Saat Liburan Nanti

Sekarang Sobat Turisian tidak hanya bisa menikmati menu batagor saja. Tetapi di kedai Batagor H Isan juga menawarkan beberapa menu lain. Seperti mi yamin manis komplit, mi yamin asin komplit, batagor bakso, dan mi bakso komplit.

Layanan Online Batagor H Isan Bandung

Menariknya lagi, Sobat Turisian bisa pesan panganan khas Bandung ini secara online melalui jasa online yang ada. Jadi kalian bisa menikmatinya dengan mudah, seperti di rumah atau tempat penginapan bagi wisatawan yang berlibur di Bandung.

Mengutip dari laman bandung.go.id, salah seorang pengelola Batagor H Isan, Nanang  menuturkan, pihaknya memang berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman.

“Kita harus menciptakan beberapa inovasi dari segi menu hingga penjualan secara online untuk menjangkau para pembeli,” tutur Nanang.

Selain menikmati di tempat atau beli online, Sobat Turisian juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Bandung. Kemasannya cukup unik dan praktis dengan menggunakan kotak berbahan bambu.

Harga & Penghargaan Batagor H Isan Bandung

Harga menu makanan yang tersaji di kedai batagor Bandung ini masih terjangkau dan tidak akan menguras saku Sobat Turisian. Harganya berkisar mulai dari Rp4.000 sampai dengan Rp20.000. Pokoknya mantap banget, harga murah tapi rasanya tak murahan, malah bikin ketagihan, Sob!

Baca juga: Berburu Kuliner di Street Food Lengkong Kecil Bandung

Berkat kiprahnya mampu bertahan sejak lama, Batagor H Isan juga sudah mendapat pengakuan di dunia kuliner dengan mendapatkan beberapa penghargaan. Salah satunya dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai kuliner legendaris.*

 

Pos terkait