Kota Binjai Membidik Kaum Muda Tumbuhkan Ekonomi Kreatif

Kota Binjai
Beberapa produk inovasi yang dihasilkan pelaku UMKM Kota Binjai, Sumatera Utara. Foto: Dok.Kemenparekraf

TURISIAN.com – Kota Binjai, Sumatera Utara kini terus berupaya menumbuhkan ekonomi kreatif dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

Salah satu cara yang ditempuh yakni mendorong pelaku ekonomi mengikuti berbagai workshop guna memperkaya kreatifitas sekaligus melahirkan inovasi-inovasi baru.

Seperti yang berlangsung belum lama ini,  sebanyak 70 pelaku ekonomi kreatif subsektor mengikuti workshop subsektor kuliner dan kriya.

“Ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno seperti dikutip Turisian.com dalam laman resminya, Kamis 22 September 2022.

BACA JUGA: Pelaku Ekonomi Kreatif NTB Didorong Masuk Ekosistem Digital

Menurut Sandiaga, tidak hanya pelaku subsector kuliner dan kriya, para  pelaku UMKM juga didoronng untuk bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif.

“Tentu, ide kreatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi,” ujarnya.

Menparekraf juga menyarankan pelaku UMKM untuk mengikuti program Bedakan (Bedah Desain Kemasan) yang disiapkan Kemenparekraf. Hal ini, agar bisa lebih meningkatkan penampilan kemasan produk mereka.

“Kebangkitan ekonomi bisa kita rasakan di sini. Dan, ada kesempatan untuk meningkatkan kualitas produk dengan berbagai program yang tepat sasaran, manfaat, dan waktu. Oleh karena itu, program Bedakan akan kita hadirkan,” ujarnya.

BACA JUGA: Pelaku Ekonomi Kreatif Diberi Warung Rojali Oleh Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, keikutsertaan para pelaku ekonomi kreatif sesuai dengan subsektor ekonomi kreatif unggulan di Binjai.

“Harapan kita, dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan inovasi dan kewirausahaan yang sesuai dengan potensi dan kearifan lokalnya masing-masing,” katanya.

Kepada pemerintah daerah (Pemda), Sandiaga berpesan, agar dapat segera mengajukan diri untuk melakukan Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I).

“Diharapkan Kota Binjai dapat terus konsisten dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif dan turut memajukan ekonomi kreatif di daerah sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Wali Kota Binjai Amir Hamzah, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto. ***

Pos terkait