Mengenal Budaya Sunda di Museum Sri Baduga Bandung

Museum Sri Baduga Bandung
Museum Sri Baduga Bandung. (Source: bandung.go.id)

TURISIAN.com – Jalan-jalan ke Kota Bandung, Sobat Turisian tak hanya bisa menikmati wisata kota dan kulinernya. Namun juga dapat mengunjungi objek wisata edukasi mengenal budaya Sunda. Tempatnya di Museum Sri Baduga Bandung.

Museum Sri Baduga berlokasi di Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40243. Tepatnya di seberang Taman Tegallega.

Objek wisata edukasi budaya ini menyimpan peninggalan-peninggalan dari Jawa Barat. Berdiri tahun 1974 dan resmi buka untuk umum pada tahun 1980. Dengan nama Museum Negeri Provinsi Jawa Barat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Daud Yusuf.

Kemudian pada tahun 1990, museum ini berubah nama menjadi Museum Negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga. Nama Sri Baduga merupakan nama seorang Raja Agung Kerajaan Sunda yang beragama Hindu di Jawa Barat.

Baca juga: Yuk ke Museum Geologi! Tempat Wisata Edukasi Menarik di Bandung

Di dalam Museum Sri Baduga Bandung, Sobat Turisian bisa melihat beragam koleksi benda bersejarah dan benda antik yang bernilai seni tinggi. Beragam benda tersebut terdiri dari beberapa koleksi, seperti koleksi arca pada zaman megalitik, pakaian adat, rumah, perkakas, permainan, dan alat musik tradisional Sunda.

Selain koleksinya, hal yang menarik lain dari museum ini yaitu arsitektur bangunannya. Bentuknya seperti rumah panggung dengan atap panjang yang menggambarkan rumah khas Jawa Barat.

Tiket Masuk & Jam Buka Museum Sri Baduga

Bagi Sobat Turisian yang ingin berkunjung ke museum di Bandung ini bisa datang langsung ke Jalan BKR Nomor 185. Tiket masuknya cukup membayar Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 bagi pengunjung anak-anak.

Baca juga: 5 Agrowisata Edukasi di Kota Bandung, Bisa Petik Buah dan Sayur Sendiri

Destinasi wisata museum ini buka dari Selasa-Jumat, mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan untuk Sabtu-Minggu, buka dari pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Tutup pada hari Senin atau libur nasional.*

Pos terkait