5 Agrowisata Edukasi di Kota Bandung, Bisa Petik Buah dan Sayur Sendiri

Agrowisata Bandung
Mupu Jeruk Bandung. (dok. Pemkot Bandung)

TURISIAN.com – Bandung sudah sejak lama termasuk salah satu kota tujuan wisata favorit di Indonesia. Karena banyaknya spot wisata yang menarik dan instagramable yang kini menjadi tren wisata. Namun selain wisata selfie, ada juga agrowisata di Kota Bandung yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Agrowisata di Kota Bandung memang belum banyak wisatawan yang tahu. Padahal aktivitas wisata di sana cukup menyenangkan, Sobat Turisian bisa petik sendiri buah dan sayur.

Berikut ini ada 5 rekomendasi agrowisata di Kota Bandung yang wajib Sobat Turisian kunjungi saat liburan akhir pekan nanti!

1. Mupu Jeruk Bandung

Mupu Jeruk sebagai agrowisata di Bandung ini hadir dengan slogan “Wisata petik sendiri buah jeruk Dekopon”. Lokasinya berada di lahan seluas 3 hektar, di Jalan Dr. Setiabudi No. 380 B, Kota Bandung.

Agrowisata yang memiliki lebih dari 1.000 pohon jeruk Dekopon ini, akan memberikan pengalaman menarik bagi Sobat Turisian yang ingin merasakan sensasi memetik buah jeruk segar di lingkungan yang asri dan terjaga.

Wisata Mupu Jeruk cocok buat Sobat Turisian yang ingin memanfaatkan waktu liburan bersama keluarga. Nama tempatnya berasal dari bahasa Sunda, kata “Mupu” berarti “petik”.

Baca juga: Yuk Belajar Mengenal Jenis-Jenis Nuklir di Wisata Edukasi BATAN Bandung!

Di tempat ini, Sobat Turisian juga tidak hanya bisa menikmati kegiatan memetik jeruk. Namun masih ada banyak aktivitas edukasi soal tanaman jeruk dan tersedia fasilitas penunjang. Seperti spot kuliner, area parkir, toilet, dan lainnya.

2. Sein Farm Sekamala Bandung

Agrowisata edukasi Bandung berikutnya, yakni SEIN Farm (Sekemala Integrated Farming). Di sini, Sobat Turisian bisa berwisata sambil edukasi tentang pertanian sekaligus menikmati keindahan alam Kota Bandung.

Di dalamnya menyuguhkan beragam budi daya ikan, hewan ternak, serta pertanian. Tujuannnya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang program ketahanan pangan di Kota Bandung.

Letaknya berada di dataran tinggi kaki Gunung Manglayang. Membuat agrowisata SEIN Farm menjadi lokasi yang terbaik untuk menikmati pesona Kota Bandung dari ketinggian. Berlokasi di Jl. Sekemala, Pasanggrahan, Ujung Berung, Kota Bandung.

Berkunjung ke sini, Sobat Turisian akan mendapat bekal wawasan yang juga dapat belajar memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada dengan berkebun. Manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga sendiri atau biasa dikenal dengan konsep Urban Farming.

SEIN Farm buka di hari Selasa sampai Minggu dengan dua sesi, mulai pukul 09.00 – 12.00 WIB dan pukul 14.00 – 16.30 WIB. Sedangkan di akhir pekan buka dari pukul 08.00 – 12.00 WIB dan pukul 14.00 – 20.00 WIB. Jika tertarik berkunjung ke tempat ini, Sobat Turisian dapat terlebih dahulu mendaftarkan diri di link: http://bit.ly/SEINfarm.

3. Tropical Grapes Garden Bandung

Ada lagi Tropical Grapes Garden, yang merupakan salah satu agrowisata anggur di Kota Bandung yang didirikan oleh Kang Wisnu. Tempat ini atau biasa disebut TGG, berlokasi di Jalan Aditya No.3, Cipadung Kidul, Panyileukan, Kota Bandung.

Tropical Grapes Garden menjadi salah satu tempat belajar budidaya anggur, mulai dari pembibitan hingga petik angggur. Di agrowisata Bandung ini terdapat pembudidayaan sekitar 70 – 80 jenis anggur. Seperti jenis agggur Bravissimo, Sonaka, Jupiter, Smelev, Heliodor, Baikonur, Taldun, Bogema, Benny Pizutuello dan lainnya.

Baca juga: Yuk ke Museum Geologi! Tempat Wisata Edukasi Menarik di Bandung

Menariknya lagi, di sini Sobat Turisian bisa membeli langsung berbagai jenis bibit anggur untuk membudidayakannya di rumah. Bahkan, jika Sobat Turisian datang di waktu anggur lagi panen, bisa langsung mencicipi atau membeli anggur dari pohonnya.

4. Jambu Batu Cigadung Bandung

Belum banyak yang tahu jika di Bandung ada agrowisata petik Jambu Batu. Tempatnya berada di daerah Cigadung. Tepatnya di Jalan Cigadung Raya Barat No.27, Cigadung, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

Jambu Batu Cigadung ditanam di lahan seluas 1,4 hektare milik PT PLN. Tempat ini terbuka untuk umum dan gratis. Di tempat ini, Sobat Turisian bisa merasakan sensasi makan atau memetik jambu langsung dari pohonnya, mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Di kebun ini, Sobat Turisian juga bisa berfoto selfie dengan latar pohon buah jambu biji. Jenis jambu yang ditanam di sini ialah jenis jambu Bangkok dengan bibit dari Sukabumi. Mayoritas jambu yang ditanam di sini merupakan jenis jambu merah yang cocok menjadi jus yang kaya akan manfaat.

5. Tani Kota Bandung

Terakhir, ada agrowisata Kota Bandung yang sangat cocok untuk anak-anak yang akan menjadi generasi penerus nantinya. Agrowisata Tani Kota ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melakukan kegiatan pertanian di perkotaan. Lokasinya ada di Jalan Cisitu Indah VI, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Kegiatan wisata pertanian di Tani Kota masih tradisional dengan melestarikan kearifan lokal. Di tempat wisata Bandung ini, Sobat Turisian dapat mengenal menanam hortikultura, budidaya tanaman kebun seperti sayuran.

Di Tani Kota, Sobat Turisian akan mendapat penjelasan terkait budidaya tanaman selada, bayam, cabai, kangkung, dan lainnya. Jika kebetulan sedang saatnya panen, bisa ikut merasakan memanen sayuran.

Baca juga: Serlok Bantaran, Tempat Wisata Alam Baru di Kota Bandung

Asyiknya lagi, sayuran yang Sobat Turisian petik sendiri dapat dibawa pulang. Di Tani Kota juga terdapat sawah yang cocok untuk media belajar anak-anak. Sehingga anak-anak tidak hanya merasakan suasana yang berbeda, tapi juga sekaligus belajar mencintai alam.*

 

Pos terkait