Yuk Belajar Mengenal Jenis-Jenis Nuklir di Wisata Edukasi BATAN Bandung!

Wisata Nuklir BATAN
Reaktor Triga 2000 salah satu koleksi wisata BATAN.

TURISIAN.com – Kota Bandung punya wisata unik dan beda dari yang lain, yaitu wisata mengenal nuklir. Tempat di Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) Bandung. Wow Sobat Turisian berani coba? Tapi tenang, objek wisata nuklir BATAN ini aman untuk Sobat Turisian kunjungi kok!

Lokasi wisata nuklir BATAN ini berada di Jalan Tamansari No. 71, Kota Bandung. Tak jauh dari Kampus ITB dan Kebun Binatang Bandung.

BATAN membuka destinasi wisata nuklir ini untuk memberikan edukasi tentang nuklir kepada masyarakat. Sekaligus meluruskan stigma negatif bahwa nuklir itu berbahaya. Stigma negatif itu lahir akibat kurangnya pemahaman tentang nuklir yang seringkali membuat orang takut mempelajarinya.

Pada faktanya, nuklir itu memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia lho! Seperti berguna untuk sumber energi, peternakan, kesehatan, industry, geothermar, hingga pengawetan. Maka dari itu, BATAN mengajak wisatawan belajar nuklir di destinasi wisata Bandung ini.

Objek wisata nuklir BATAN ini mulai buka untuk umum pada Oktober 2019 lalu. Di sini Sobat Turisian bisa melihat secara langsung berbagai hal yang berhubungan dengan nuklir. Tak hanya itu, ada melihat sejumlah hasil penelitian dan pengembangan dari PSTNT BATAN Bandung.

Baca juga: Yuk ke Museum Geologi! Tempat Wisata Edukasi Menarik di Bandung

Di antaranya ruang teknik analisis radiometri, laboratorium radio isotop dan senyawa bertenda, hingga tempat pengolahan limbah. Kemudian ada ruang pamer yang cukup luas, bersih, dan nyaman. Di ruang pamer ini, Sobat Turisian bisa melihat beragam informasi teknologi tentang nuklir yang mendukung pemanfaatan untuk kehidupan sehari-hari.

Ragam Hasil Penelitian Nuklir BATAN

Adapun beberapa hasil penelitian dan pengembangan yang dipamerkan di tempat wisata Bandung ini. Antara lain jamu herbal irridasi, kit radioisotop, dan radiofarmaka untuk kedokteran nuklir, plastik biodegradable, dan iridasi gamman untuk produk unggulan Indonesia seperti buah-buahan dan hal lain-lainnya.

Di tempat wisata nuklir BATAN, khusus bagi pengunjung di atas usia 18 tahun, dapat mengunjungi langsung fasilitas reaktor nuklir PSTNT BATAN Bandung. Sedangkan bagi yang berusia di bawah 18 tahun dapat berkunjung ke ruang pameran yang berisi banyak informasi edukatif terkait nuklir.

Nantinya saat berkunjung, Sobat Turisian akan dipandu langsung oleh tim dari PSTNT BATAN Bandung. Pemandu siap dengan ramah akan menemani dan menjelaskan tentang informasi nuklir serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Wah Sobat Turisian bisa bertambah wawasan!

Berwisata ke tempat ini tidak mesti mengeluarkan biaya apapun, alias gratis. Selain itu, tidak perlu takut untuk datang berwisata ke sini. Karena, PSTNT BATAN Bandung sangat memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan untuk pengunjungnya.

Baca juga: Tempat Wisata di Seputar Jalan Siliwangi Bandung yang Menarik Dikunjungi

Lokasi destinasi wisata nuklir BATAN yang berada di tengah kota Bandung ini, mudah untuk Sobat Turisian jangkau. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau transportasi online.

Rute Menuju BATAN dengan Transportasi Umum

Nah di bawah ini ada sejumlah rute angkutan umum yang bisa Sobat Turisian akses untuk menuju destinasi wisata edukasi nuklir BATAN Bandung, antara lain:

  • Bagi Sobat Turisian yang datang dari Bandara Husein Sastranegara, bisa naik angkot Jurusan Sadang Serang-Caringin berwarna biru ke arah Sadang Serang. Kemudian turun di depan gerbang ITB. Dari situ tinggal berjalan kaki ke arah PSTNT BATAN Bandung selama 10 menit.
  • Jika berangkat dari Stasiun Bandung, sebaiknya keluar melalui pintu utara jika ingin menggunakan transportasi umum. Dari sana gunakan angkot jurusan Cisitu-Tegalega berwarna ungu menuju arah Cisitu, lalu turun di depan Kebun Binatang. Lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 – 10 menit ke arah PSTNT BATAN Bandung.
  • Untuk Sobat Turisian yang datang dari arah Terminal Caheum, bisa gunakan angkot jurusan Caheum-Ledeng yang berwarna hijau dan pastikan turun tepat di depan PSTNT BATAN Bandung. Namun jika ingin lebih mudah, Sobat Turisian bisa pilih naik transportasi online untuk menuju ke lokasi.*

 

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Kota Bandung

 

Pos terkait