9 Tempat Oleh-Oleh di Bandung, Wajib Mampir Sebelum Pulang

Tempat Oleh Oleh Bandung
Kampoeng Radjoet Binong Jati, Kota Bandung.

TURISIAN.com – Pulang mudik Lebaran atau liburan dari suatu daerah, tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh. Nah bagi Sobat Turisian yang mudik atau berlibur di Kota Bandung wajib mampir nih ke tempat oleh-oleh Bandung.

Tempat oleh-oleh di Bandung cukup beragam, ada yang menjual pilihan makanan atau pernak-pernik. Semua tinggal pilih sesuai keinginan Sobat Turisian.

Berikut ini ada rekomendasi 9 tempat oleh-oleh di Bandung yang wajib Sobat Turisian kunjungi!

1. Toko Roti Sidodadi

Berkunjung ke Bandung, Sobat Turisian wajib coba roti Sidodadi yang sudah melegenda di kota ini. Toko Roti Sidodadi berada di Jalan Otto Iskandardinata No. 255, Bandung. Toko ini pun menjadi bagian dari sejarah perkembangan Kota Bandung.

Di sini, Sobat Turisian bisa membeli dan menikmati aneka macam roti dan jajanan pasar. Harganya cukup terjangkau, namun soal rasanya tak usah diragukan lagi. Buktinya, mampu bertahan sejak dulu dan menjadi legendaris. Harga untuk roti satuan berkisar Rp3.400 hingga Rp4.500, dan roti ukuran besarnya dari Rp11.000 sampai dengan Rp 19.000.

Istimewanya lagi, cara pembuatan roti di sini masih mempertahankan bahan dan cara tradisional, juga tanpa bahan pangawet. Sehingga roti-roti dari sini hanya mampu bertahan 3-4 hari. Begitu menggigit dan merasakan roti ini serasa kembali ke zaman dulu.

2. Kartika Sari

Nama Kartika Sari sebagai salah satu pusat oleh-oleh Bandung, sangat populer dan banyak penggemarnya. Baik warga Kota Bandung maupun wisatawan dari luar Bandung.

Toko Kartika Sari ini juga masuk jajaran legendaris kuliner di Kota Kembang. Sudah menjadi pusat oleh-oleh di Bandung sejak tahun 1974. Lokasinya tokonya ada beberapa di Kota Bandung seperti di Dago dan Buahbatu. Tapi pusatnya ada Jl. H. Akbar No. 4, Pasir Kaliki, Kota Bandung.

Baca juga: 15 Tempat Kuliner di Bandung Buat Pilihan Saat Libur Lebaran

Di dalamnya tersaji aneka jajanan yang bisa Sobat Turisian cicipi langsung atau membawanya sebagi oleh-oleh. Seperti pisang bolen yang sangat terkenal, lalu ada bagelen, sale pisang, dan aneka keripik renyah.

3. Kopi Aroma

Kota Bandung banyak memiliki toko-toko makanan legendarisnya. Setelah dua di atas, Kopi Aroma yang satu ini pun termasuk legendaris. Toko yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an ini, menawarkan biji kopi moka Arabika, robusta giling, dan beberapa pilihan lainnya. Dari jarak 500 meter saja wanginya sudah tercium semerbak.

Bukan hanya rasa kopinya yang tak berubah, bangunannya pun masih tampil tempo dulu, tergolong bangunan heritage. Kesan ‘vintage’ yang kental sekali ini akan Sobat Turisian rasakan saat berkunjung ke sana. Sambil beli oleh-oleh kopi, Sobat Turisian juga bisa berswafoto dengan latar jadul yang instagenik dan eksotik.

Kopi Aroma buka mulai dari Senin sampai Sabtu, dari pukul 09.00 hingga 14.30 WIB. Lokasinya ada di Jalan Banceuy No.51, Braga, Kota Bandung.

4. Kampoeng Radjoet Binong Jati

Bagi Sobat Turisian yang ingin membeli pakaian berbahan rajutan bisa mampir ke Kampoeng Radjoet Binong Jati. Kawasan wisata rajut ini sudah ada sejak era 1970-an. Hasil rajutan di sini tak kalah berkualitas dari rajutan bermerek lainnya.

Produk rajutannya pun dibuat langsung oleh masyarakat setempat. Bentuknya beragam, seperti cardigan, sweater, ciput, rok, sampai aksesoris tas. Pusat oleh-oleh menarik ini berlokasi di Jalan Binong Jati dekat Trans Studio Mall (TSM).

5. Kawasan Cihampelas

Kawasan Cihampelas sudah tenar sejak dulu sebagai tempat berbelanja fesyen dan oleh-oleh Bandung. Namun yang menjadi ciri khas Cihampelas yaitu produk pakaian berbahan jeans dan kulit.

Baca juga: Tiga Taman di Area Balai Kota Bandung, Cocok Buat Rekreasi Hari Lebaran di Bandung

Di sepanjang Jalan Cihampelas juga tersedia berbagai oleh-oleh kuliner khas Bandung dan beberapa restoran serta pusat perbelanjaan yang bisa Sobat Turisian kunjungi. Enaknya kalau ke sini sambil jalan kaki, belanja bisa sekaligus olahraga kecil.

6. Pasar Palasari

Tempat oleh-oleh di Bandung berikut ini lebih spesifik dan cocok bagi Sobat Turisian yang mencari oleh-oleh buku untuk orang tercinta. Namanya Pasar Palasari, yang terkenal sebagai pusat buku-buku yang dijual dengan harga diskon.

Bukunya pun beragam, mulai dari pengetahuan umum, agama, hingga buku novel dan komik juga ada di sana. Tak hanya buku baru, buku-buku bekas pun juga tersedia. Perlengkapan sekolah atau ATK lainnya juga ada.

Toko buku di Pasar Palasari buka mulai pukul 08.00 WIB. Soal harga relatif terjangkau, mulai dari Rp5.000–Rp35.000. Lokasi Pasar Palasari terletak di Jalan Palasari, Malabar.

7. Kawasan Cibaduyut

Cibaduyut juga termasuk kawasan belanja yang melegenda di Bandung. Tempat ini terkenal sebagai sentra sepatu kulit handmade alias buatan tangan. Namun ada juga oleh-oleh berbahan dasar kulit lainnya, seperti tas, dompet, ikat pinggang, jaket, dan lainnya.

Sepanjang jalan tersebut, Sobat Turisian bisa melihat dan pilih-pilih atau langsung mampir deretan toko kulit. Harga produk di sini masih bisa dinego atau Sobat Turisian tawar. Rata-rata toko di Cibaduyut buka dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB.

8. Toko Iteung

Pusat oleh-oleh Bandung selanjutnya ada Toko Iteung yang menawarkan beragam produk dengan harga murah namun tetap berkualitas. Di sini Sobat Turisian bisa membeli beragam suvenir. Mulai dari miniatur mobi antik, celengan hewan, hingga pajangan-pajangan lucu lainnya.

Selain suvenir, ada juga aneka camilan yang bisa menajdi oleh-oleh dari Bandung. Toko ini berada di Jalan Anggrek No.55, Cihapit, ya.

9. Lukisan di Jalan Braga

Jalan Braga sudah sejak lama terkenal sebagai pusat keramaian dan ikon wisata Kota Bandung. Kawasan ini terkenal dengan bangunan heritagenya. Ciri khasnya lukisan-lukisan yang berjajar di sepanjang jalan.

Lukisan tersebut bisa menjadi salah satu oleh-oleh sepulang dari mudik atau liburan di Bandung. Pas buat pajangan di rumah atau cendera mata untuk kolega. Harga lukisannya bervariasi, mulai dari Rp50.000 hingga jutaan rupiah, tergantung dari tingkat kesulitan lukisan tersebut.

Baca juga: Cari Suvenir Etnik dan Unik di Bandung? Yuk Merapat ke Galeri Cupumanik!

Itulah rekomendasi tempat oleh-oleh di Bandung yang bisa Sobat Turisian kunjungi. Namun apapun oleh-oleh yang dibawa, kehadiran dan keselamatan tetap menjadi hadiah terbaik untuk orang tersayang yang sedang menanti kepulangan Sobat Turisian.*

 

 

Sumber & Foto: Pemkot Bandung

Pos terkait