Liburan Ke Kota Bandung, Jangan Lewatkan 5 Tempat Oleh-oleh Ini

Kota Bandung
Angklung menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari wisatawan saat berkunjung ke Kota Bandung. (iStock)

TURISIAN.com – Liburan ke Kota Bandung, Jawa Barat rasanya kurang lengkap  jika tidak mampir ke tempat oleh-oleh.

Buat kalian, tidak perlu pusing karena hampir disetiap sudut kota kembang ini menyediakan berbagai macam buah tangan.

Ada banyak toko-toko yang menjual berbagai suvenir dan kuliner khas Bandung dengan harga terjangkau. Soal kualitas juga tak perlu disangsikan.

Berikut 5 Tempat oleh-oleh Khas Bandung

1. Sepatu Cibaduyut

Siapa yang tidak kenal kawasan satu ini. Salah satu pusat produksi sepatu khas Bandung. Pembeli juga bisa custom dengan kualitas tak kalah dari produksi luar negeri.

Sebagian besar tas dan sepatu di sini berbahan kulit dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Bandung. Dibuat oleh pengrajin lokal, harga sepatu yang dijual juga sangat terjangkau.

Lokasi: Jalan Cibaduyut Raya, Kebun Lega, Bojongloa Kidul, Kota Bandung

2. Saung Angklung Udjo

Alat musik tradisional ini dikenal dengan sebutan  Angklung. Alat musik tradisional Sunda yang terbuat dari bambu. Bentuknya, mulai dari suling hingga calung. Namun, yang paling populer adalah Angklung.

Produsen angklung legendaris adalah Rumah Angklung Pak Udjo Ngalagena di Jalan Padasuka.

Pengunjung tidak hanya membeli menonton pertunjukan kesenian sunda dan membeli suvenir, tetapi juga dapat mengikuti kelas bermain angklung. Angklung untuk dimainkan biasanya dijual dalam satu set dan dalam ukuran yang lebih kecil untuk dekorasi interior.

Di Saung Angklung Udjo juga tersedia kafetaria yang menawarkan berbagai menu. Termasuk menu Khas Sunda dengan minuman segarnya.

Lokasi:  Jl. Padasuka No.118, Cibeunying Kidul, Bandung

Kuliner Legendaris

3. Kartika Sari

Kartika Sari adalah toko kue legendaris. Apalagi, kalau bukan molen sebagai kue andalan. Diracik, dengan bahan pisang dengan berbagai isian. Mulai dari keju hingga coklat yang dibungkus tepung. Ada kue lainnya, seperti bagelan oval, brownies stick, brownies kukus hingga cheese roll.

Oh ya, mau lemper, kroket, bika ambon, risoles, tempe gurih, kentang putih, oncom, ada disini. Saat ini, toko cabang Kartika Sari tersebar hampir di seluruh wilayah Bandung, seperti Kopo, Dago, Buah Batu, Antapani, dan Ujung Berung.

Ada Wayang Golek Dari Kayu

4. Sin Sin Art Shop

Datanglah ke souvenir khas sunda berkualitas tinggi ini. Ada ukiran, patung kayu, papan nama ukiran kayu, lukisan, produk perak, wayang, dan angklung.

Wayang golek adalah suvenir khas sunda yang wajib di beli bagi para pencinta seni. Berbeda dengan wayang kulit Jawa, wayang golek terbuat dari kayu yang kemudian dicat full color dan dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris seperti pakaian dan perhiasan.

Lokasi:  Jl. Braga No.59, Braga, Bandung

5. Soes Merdeka

Satu lagi, toko kue legendaris ini menyediakan berbagai makanan lezat. Toko ini sudah berdiri sejak tahun 1918 lho. Sebelum akhirnya berganti nama pada 1969.

Sampai saat ini, Soes Merdeka memproduksi kue dengan isian putih susu dengan aroma nikmat yang merupakan oleh-oleh kue yang terkenal di Bandung. Selain kue sus, terdapat pula aneka kue kering.

Lokasi: Jl. Purnawarman No.10–12, Babakan Ciamis, Kec. Sumur, Bandung.

***

Pos terkait