Festival Krakatau 2023 Bakal Diramaikan dengan Lomba Topeng, Ini Tanggal Mainnya

Festival Krakatau 2023
Ilustrasi. Para wanita sambil menari memagang topeng. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – Festival Krakatau 2023 di Lampung bakal heboh nih, Sobat Tursian. Pasalnya akan ada  pesta topeng tradisional khas Lampung atau tuping. Temanya keren banget karena topeng ini emang jadi ikon budaya Lampung, loh!

Nah, pesta topeng ini akan digelar tanggal 8 Juli 2023 di komplek PKOR Way Halim, Bandar Lampung. Seru banget, kan? Acaranya bakal berlangsung sepanjang hari, jadi bisa seru-seruan seharian penuh!

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung, Bobby Irawan, menjelaskan tema topeng ini bakal dihadirin dengan gaya kontemporer yang melibatkan kita semua, guys.

Jadi, baik yang mau nonton atau ikut meramaikan pesta, kita semua bakal pakai tuping alias topeng dan tutup kepala.

BACA JUGA: Desa Wisata Kelawi Lampung, Destinasi Dekat Jakarta Punya Andalan Wisata Bahari

Menurut Bobby,  pake tuping ini juga akan dilombakan buat masyarakat. Tujuannya biar kita semua merasa bangga dan punya peran penting dalam festival ini.

Oleh karenanya, semua bakal merasa bahwa Festival Krakatau ini adalah milik kita semua, bukan cuma milik satu kelompok aja. Mantap, kan?

Oh iya, jadi tuping itu artinya topeng dalam Bahasa Lampung. Ternyata, budaya tuping ini udah bener-bener merakyat di masyarakat Lampung, loh.

BACA JUGA: Meski Jalanan Rusak, Lampung Punya Banyak Pantai Keren Lho Guys..

Masyarakat Pepadun

Ada banyak contohnya, misalnya Sekura di Lampung Barat, tuping di Lampung Selatan. Atau budaya nyubuk di masyarakat Pepadun. Keren banget, ya?

Bobby berharap, di tahun-tahun mendatang, budaya tuping ini jadi karakter yang kuat dalam Festival Krakatau, guys. Jadi, kita semua bisa merasakan keseruan dan keunikannya setiap tahunnya. Keren banget, kan?

Selain acara “pesta topeng” yang seru banget, Festival Krakatau 2023 juga bakal ngadain lomba mewarnai topeng buat anak-anak SD.

BACA JUGA: Tamasya Keluarga ke Pantai Duta Wisata Bandar Lampung

Lombanya ga cuma seru, tapi juga bisa ngajak anak-anak kenal budaya Lampung dan tumbuhin cinta mereka terhadap warisan budaya kita. Keren banget, ya?

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya. Catat tanggalnya, 8 Juli 2023, dan dateng deh ke komplek PKOR Way Halim, Bandar Lampung buat meriahin Festival Krakatau.

Seru-seruan dengan pesta topeng dan nikmatin acara lainnya. Ayo, kita tunjukin generasi muda kita bisa cintain dan lestarikan budaya kita. ***

Pos terkait