300 Goweser Hebohkan Sepeda Tour de Paspro, Gini Ceritanya

300 Goweser
Peserta event Sepeda Tour de Paspro saat melintasi Gerbang Tol Gending. (Dok.Humas Probolinggo)

TURISIAN.com – Tak salah memang, setelah lama ditunggu-tunggu event Sepeda Tour de Paspro jadi heboh. Ada sekitar 300 goweser yang ambil bagian dari event dalam rangka pembukaan Jalan Tol Paspro Seksi 4 itu.

Keren abis! Begitu start, sekitar 300 goweser langsung melaju menelusuri trek yang sangat menarik ini.

Acara Sepeda Tour de Paspro ini dimulai dengan senam bareng di Gerbang Tol Gending, pada Sabtu 17 Juni 2923. Setelah itu, para  peserta langsung gowes dari Gerbang Tol Gending.

Rutenya lumayan panjang, sekitar 16 km. Dari start line di Gerbang Tol Gending, 300 goweser tersebut bergerak ke utara sampai batas jalur pantura.

BACA JUGA: Ratusan Goweser Ikuti BJB HepiRide 2023, Melintasi Rute Ini

Terus balik arah ke selatan sampai di km 845, dan akhirnya finish lagi di Gerbang Tol Gending.

Acara keren ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto, Dirut PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol, Mulya Setiawan.

Kemudian ada juga Direktur Teknik PT Trans-Jawa Paspro, Heri Supriyadi, Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Heri Budiasto.

Lalu, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, David P Duarsa, plus beberapa pejabat Pemkab Probolinggo dan perwakilan Forkopimda.

BACA JUGA: Buat Kalian Para Goweser, Catat Nih Event Sepeda Keren di 2023

Sesampainya di garis finish, semua goweser ngadem sambil menikmati hiburan yang disiapin sama PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol.

Di momen yang seru ini, Dirut PT Trans-Jawa Paspro Jalan Tol, Mulya Setiawan, memotong tumpeng dan diberikan ke Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Arm Heri Budiasto.

Gowes Spesial

Sementara itu, Sekda Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto, mengapresiasi event sepeda ini. Bisa gowes di tol ini bener-bener spesial, bro! Kalian tau gak, motor aja gak boleh masuk!

“Tol ini jadi salah satu jalan cepet yang bakal bantu perekonomian kita. Dengan adanya tol ini, udah banyak investor yang tertarik dan dateng ke Kabupaten Probolinggo. Ini pasti bakal ngebantu menekan  angka kemiskinan di sini,” kata Ugas.

BACA JUGA: 1000 Lebih Goweser  akan Mengikuti Jambore Sepeda Lipat Nasional XI

Menurutnya, acara ini sekagus untuk merasakan  keberadaan tol. Setidaknya, supaya gak keliatan kalo tol itu cuma buat orang tertentu aja.

Tapi dengan gowes bareng komunitas masyarakat, bisa mendorong supaya  tol bakal tumbuh karena udah langsung merasain gowes di tol.

“Nanti bisa keliatan deh dari selfie-selfie mereka. Bersama-sama, kita ngengkol dan dukung terus rakyat buat bangun Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Teknik PT Trans-Jawa Paspro, Heri Supriyadi, menyampaikan acara  sepeda Tour de Paspro ini tujuannya buat sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten dan Kota Probolinggo.

BACA JUGA: Finisher Pertama LBC 2022 Diraih Goweser Tony Kamurang Asal Bogor

Jalan Tol Paspro Seksi 4

Khususnya Jawa Timur, bahwa jalur tol Paspro ini bakal nyambung dari Surabaya sampe Banyuwangi.

Rencananya, Jalan Tol Paspro Seksi 4 bakal dioperasikan pada bulan Agustus 2023.

“Kita masih proses tindak lanjut dari uji layak, sih. Tapi Udah 95% selesai, bro! Insya Allah, akhir bulan Juni ini kita selesaiin dan dapet sertifikat layak fungsional,” jelasnya.

“Terus, bakal diikutin sama sertifikat layak operasional. Tinggal nambahin rambu-rambu dan menguji rambu-rambu itu aja,” sambungnya.

BACA JUGA: Cerita Dibalik Event Gowes Anudax 2022, Siapa Goweser Haryoko?

Heri Supriyadi berharap ke depannya, Tol Pasuruan-Probolinggo bisa bermanfaat banget. Utamanya, buat yang sering lewat dari Pasuruan ke Probolinggo.

Dan jelas, tol ini juga bakal nyambung sampe Banyuwangi dan Surabaya.

“Kita berharap banget nanti lalu lintas harian dari Paspro ini sesuai dengan rencana kita. Jadi kita sebagai pebisnis juga bisa dapet manfaat. Selain itu, kita juga bisa kasih manfaat buat masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia pada umumnya,” tutupnya. **

 

Pos terkait