Badan Meteorologi Ingatkan Wisatawan akan Ancaman Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi
Ilustrasi. Pecahan gelombang tinggi menghantam dinding pembatas. (Dok.iStock)

TURISIAN.com – BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi mengeluarkan imbauan buat kalian yang mau main ke pantai di Jawa Selatan. Khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Pasalnya ada potensi gelombang tinggi nih, jadi harus waspada, bro!

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan gelombangnya bisa sampe 2,5-4 meter, itu udah tinggi banget, deh.

Dalam keterangannya, Rabu 21 Juni 2023, biasanya di wilayah Jabar sampai DIY, gelombang besar dalam beberapa hari ke depan masih akan terjadi.

BACA JUGA: Perairan dan Pantai Berpotensi Gelombang Tinggi, BMKG Minta Waspadai Kawasan Ini

Gak cuma imbauan doang, BMKG juga udah keluarin peringatan dini soal gelombang tinggi di perairan selatan Jabar-DIY dan Samudra Hindia selatan Jabar-DIY.

Jadi, hari ini ada potensi gelombang tinggi, deh, sekitar 2,5-4 meter di daerah itu.

Katanya sih, gelombang tingginya ini disebabkan sama pola angin di wilayah selatan Indonesia yang biasanya bergerak dari timur sampe tenggara, dengan kecepatan sekitar 6-30 knot.

Makanya, buat kalian yang mau main di pantai selatan Jabar-DIY, lebih baik gak usah berenang atau main air.

BACA JUGA: Peringatan BMKG Buat Wisatawan yang Ingin ke Jawa Barat, Terkait Cuaca Ekstrem

Gelombang Setinggi 6 Meter

Apalagi,  di pantai yang langsung nyambung sama laut lepas. Gelombang tingginya bisa dateng kapan aja, bro!

Yang lebih parahnya lagi, ke depannya diperkirakan gelombang bakal makin tinggi. Terlebih,  pas musim angin timuran yang biasa terjadi  sekitar Juli-September gitu.

Jadi, bisa aja ada gelombang setinggi 4-6 meter, yang itu udah termasuk tinggi banget, guys!

Gak cuma buat wisatawan, yang punya usaha perahu juga harus ekstra hati-hati, bro! Semua pengguna jasa kelautan harus waspada sama gelombang tinggi sampe yang sangat tinggi, ya.

BACA JUGA: Tingkatkan Geliat Sektor Pariwisata, Pemda Jateng akan Reaktivasi Rel Kereta

Jangan lupa selalu perhatiin risiko gelombang tinggi dan kecepatan angin biar aman selama berlayar.

Oiya, buat cuaca di wilayah selatan Jateng sama pegunungan tengah Jateng, Teguh juga ngingetin masih ada potensi hujan ringan, meskipun sekarang lagi musim kemarau.

Bahkan, Senin malam sampe Selasa dini hari kemaren, ada hujan ringan sampe lebat. Kemudian, disertai petir di beberapa wilayah kayak Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara. Sepertinya, hujan ini lebih dipengaruhi oleh faktor lokal, gitu katanya si Teguh.

Nah, gitu deh informasinya, guys. Jangan lupa tetep waspada sama cuaca dan gelombang kalo mau main ke pantai, ya! Stay safe! ***

Pos terkait