Pasar Beling yang Unik, Pembelinya Pakai ‘Koin Beling’, Penasaran Kan?

Pasar Beling
Suasana Pasar Beling di Pacitan, Jawa Timur. (Instagram/@songmeripacitan)

TURISIAN.com – Pasar di Pacitan, Jawa Timur tuh bener-bener beda, Sobat Turisian! Kamu bisa jajan pake pecahan kaca aja lho, serius kan. Namanya Pasar Beling. Gokil bener.

Jadi, semua transaksi di pasar ini pake koin beling yang terbuat dari kaca. Dan tiap koin beling punya nilai yang sama kayak uang rupiah yang kita pake.

Ada dua pecahan koin beling yang bisa dipake. Yakni yang Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu.

Ada petugas di loket, namanya Dina Wardhiana, dia pake baju batik biru dan jilbab kuning. Dia ramah banget, sapa semua pengunjung dengan senyum. Terus dia jelasin cara belanja di Pasar Beling.

Salah satu pengunjung pasar itu namanya Bambang Setyo Utomo. Dia parkir motornya di dekat pintu masuk terus langsung deh nyamperin Dina. Bambang tuker uangnya yang Rp 15 ribu.

BACA JUGA: Gua Tabuhan Pacitan yang Unik Mengeluarkan Bunyi Gamelan

Niatnya, Bambang mau makan Lontong Pecel di warung sini. Trus dia juga pesen dawet buat minuman. Dalam waktu beberapa menit aja, pesenannya udah dihidangin deh.

Bambang seneng banget, akhirnya bisa sarapan di sini. Dia bawa piring Lontong Pecel dan segelas dawet sambil senyum-senyum.

Komunitas Gowes

Di depan warung, ada pelataran gitu. Di tengahnya ada meja-meja dari potongan kayu yang dipasang tetap.

Kursinya juga dari papan kayu yang dibikin dengan sederhana.

Setengah jam sebelumnya, tempat itu rame banget sama komunitas gowes yang dateng. Pasar Beling ini emang jadi tempat favorit warga buat santai sambil nikmatin makanan tradisional yang khas.

BACA JUGA: Pantai Watu Karung Pacitan yang Menawan dan Spot Terbaik Selancar

Balik lagi ke cerita Bambang, dia milih tempat yang beda buat makan Lontong Pecel favoritnya. Dia makan di depan panggung sebelah timur.

Ternyata, dia pilih tempat itu bukan tanpa alasan. Panggung itu bentuknya kayak rumah gitu, dan di situ ada pentas musik gamelan.

Yang bikin seru, semua alat musik gamelan tradisional Jawa itu juga dari kaca, guys!

Lagu Caping Gunung

Bener-bener asik deh, bisa sarapan sambil dengerin gending gamelan. Bambang seneng banget, dia ikut tepuk tangan sambil nyanyi lagu Caping Gunung.

Amin Sastro Diharjo, seniman sekaligus orang yang memulai Pasar Beling, ceritain kalo ide ini muncul pas mereka bikin gamelan kaca. Pas itu ada banyak serpihan kaca yang terbuang.

BACA JUGA: Pantai Pidakan, Spot Pantai Menawan di Pacitan yang Asyik Buat Liburan

Trus beberapa seniman dan tokoh masyarakat pada ngobrol-ngobrol. Akhirnya mereka setuju buat bikin koin dari serpihan-serpihan kaca itu buat jadi alat pembayaran khusus di Pasar Beling.

“Akhirnya kita punya koin-koin dari serpihan kaca itu. Nah, kita sepakat pake koin ini buat bay

Ya, terus dari situ mereka kasih nama pasar ini ‘Pasar Beling’, sesuai dengan bahan koinnya, kan lucu ya?

Meskipun konsepnya sederhana, Pasar Beling ini laku banget dan banyak pengunjung yang suka. Selain karena ada makanan-makanan khas yang enak, juga ada musik gamelan yang seru banget.

BACA JUGA: 4 Objek Gua di Perbukitan Sewu Pacitan, Menarik Buat Wisata Susur Gua

Sayangnya, Pasar Beling cuma buka sebulan sekali, tepatnya tiap Ahad Wage. Jadi, kita harus sabar nunggu biar bisa merasakan sensasi sarapan pagi sambil ditemani musik gamelan.

Amin bilang, karena harus nunggu itu juga yang bikin orang-orang penasaran dan pengen datang ke Pasar Beling. Seru banget kan?

Jadi, buat kalian yang mau pengalaman jajan unik dan ditemani musik tradisional, Pasar Beling ini jadi tempat yang kalian wajib kunjungi.

Ingat, Pasar Beling buka cuma sekali sebulan, jadi jangan sampai kelewatan kesempatan buat nyobain sensasi jajan dengan pecahan kaca!

Pos terkait