Curug Sewu Kendal yang Memukau dengan Sajian Tiga Air Terjun

Curug Sewu Kendal
Curug Sewu Kendal. (Source: Pemkab Kendal)

TURISIAN.com – Kawasan wisata Curug Sewu menjadi objek wisata yang menarik Sobat Turisian kunjungi saat berada di Kabupaten Kendal. Kerennya lagi, kalian bisa menikmati keindahan tiga air terjun yang sama-sama memesona.

Lokasinya berada di balik perbukitan yang berhawa sejuk dan suasana yang bikin pikiran tenang. Pas sekali buat Sobat Turisian yang mau healing atau refreshing melepas kepenatan. Di sini pun terdapat sejumlah spot menarik, bahkan sesekali kalian bisa melihat rombongan monyet liar.

Curug Sewu juga menawarkan pesona alam yang memanjakan mata. Tampak hamparan hutan dan sawah yang hijau dan indah terlihat dari ketinggian tempat ini. Terdapat pula gardu pandang untuk melihat pesona alam tersebut dan menjadi spot foto yang eksotik serta instagenic.

Segi keamanannya pun cukup terjamin, karena di sekeliling bibir jurang telah terpasang pagar pembatas agar pengunjung merasa aman saat melihat perbukitan atau pun area pertanian. Dari bibir bukit inilah, kalian dapat memanjakan mata. Serta lembah sedalam ratusan meter pun dapat terlihat jelas pula.

Aliran air Curug Sewu yang mengalir di sungai dan jatuh di tebing bukit, terlihat sangat jelas. Meskipun agak tertutup pepohonan, tapi masih tetap memesona.

Kalau Sobat Turisian tidak puas melihat air terjun setinggi 45 meter tersebut dari ketinggian, bisa berjalan turun ke kaki bukit. Suara jatuhan air dari kejauhan pun akan mengiringi langkah kalian saat menuruni anak tangga yang tersedia.

Baca juga: Pantai Sendang Sikucing Pilihan Favorit Liburan Keluarga di Kendal

Istimewanya, di kawasan wisata Curug Sewu Kendal ini, Sobat Turisian tak hanya akan melihat satu air terjun. Tapi jumlahnya mencapai tiga air terjun yang sama-sama cantik. Air terjun kedua berketinggian 15 meter. Sedangkan air terjun ketiga memiliki ketinggian 20 meter.

Saat berada di kaki bukit, Sobat Turisian bisa melihat ketiga air terjun itu sekaligus yang tampak seperti anak tangga. Itu sebabnya, curu ini sering disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Setelah puas mengeksplorasi keindahan objek wisata Curug Sewu, Sobat Turisian bisa beristirahat dahulu sembari mengisi perut dengan aneka makanan. Kalian bisa mampir ke warung-warung makan yang berjajar rapi di salah satu sudut kawasan ini. Tersedia beberapa menu makanan, mulai dari bakso, mi rebus, hingga nasi beserta lauknya sesuai selera.

Lokasi Kawasan Curug Sewu

Destinasi wisata air terjun yang satu ini berada di Jalan Sri Wedari, Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitar 40 km ke selatan dari pusat kota Kendal.

Kalau Sobat Turisian menggunakan kendaraan pribadi menuju Curug Sewu, terdapat dua alternatif jalur yang bisa kalian tempuh. Ada jalur Weleri-Sukorejo untuk yang berkendara dari Kendal sisi barat. Lalu rute Boja-Paten untuk kalian yang berkendara dari arah timur. Meski berkelok-kelok, tapi jalannya sudah beraspal mulus dan pemandangan di sepanjang perjalanan cukup indah.

Baca juga: Curug Lawe Sicepit, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kendal

Sementara bagi Sobat Turisian yang memakai transportasi umum menuju Curug Sewu, bisa pergi dari Semarang. Dengan naik bus jurusan Sukorejo, melewati Mijen, Boja. Kemudian, dari Sukorejo, lanjut naik angkot atau ojek ke curug tersebut dengan jarak sekitar 7 km.*

Pos terkait