Air Terjun Matube Banggai Laut yang Cantik dengan Suasana Asri

Air Terjun Matube
Air Terjun Matube di Banggai Laut, Sulteng. (Source: Disparbud Banggai Laut)

TURISIAN.com – Kabupaten Banggai Laut (Balut) di Sulawesi Tengah (Sulteng) menyimpan banyak sekali objek wisata alam yang memukau dan menarik Sobat Turisian sambangi. Seperti objek wisata Air Terjun (Paisu) Matube.

Di tempat ini, Sobat Turisian bisa menyaksikan air terjun yang tak terlalu tinggi, hanya sekitar tiga meter. Namun meski begitu, tetap memanjakan mata dengan air yang jernih dan kolam jatuhan airnya yang berwarna biru kehijauan.

Suasana lingkungan Air Terjun Matube ini pun cukup hijau asri dengan udara yang sejuk. Itulah yang menjadi daya tarik air terjun yang satu ini. Cocok sekali buat Sobat Turisian yang ingin merelaksasi pikiran dan melepas ras apenat dan jenuh.

Sobat Turisian juga bisa berenang atau mandi di kolam jatuhan air terjun tersebut untuk merasakan kesegaran air yang alami. Kalau kalian tek berniat mandi atau berenang, dapat menikmati fasilitas lain yang tersedia. Seperti spot foto di jembatan bambu, sarang burung, atau berfoto di tepi sungai dan dekat air terjun.

Baca juga: Danau Paisu Pok Banggai Kepulauan yang Unik dengan Air Sangat Bening

Bukan hanya asyik swafoto atau foto-foto cantik bernuansa keindahan alam, Sobat Turisian juga dapat menyewa gazebo bambu yang berada di sekitar permandian Air Terjun Matube. Gazebo tersebut berkapasitas 20-30 orang.

Sembari duduk santai, kalian bisa menikmati aneka cemilan kuliner khas Banggai Laut. Seperti pisang goreng dan hangatnya teh atau kopi tradisional.

Fasilitas dan Lokasi Air Terjun Matube

Sebagai objek wisata, kawasan air terjun ini menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang keanyaman para pengunjung.  seperti kamar mandi umum, musala, persewaan alat, selfie area, tempat makan, are parkir.

Lokasi Air Terjun Matube terletak di Desa Lampa, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah (Sulteng). Sobat Turisian bisa menuju ke objek wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda roda dua maupun roda empat.

Baca juga: Berkunjung ke Desa Wisata Mbuang-Mbuang, Punya Banyak Destinasi Menarik

Durasi waktu perjalanan ke tempat wisata tersebut kurang lebih 10 menit dari pusat kota Banggai. Kemudian kondisi jalan masuk menuju lokasi air terjun ini sudah tertata bagus dan beraspal beton.*

 

 

Pos terkait