Terpesona Danau Kaco Jambi yang Cantik dengan Air Sebening Kaca

Danau Kaco Jambi
Danau Kaco Jambi

TURISIAN.com – Jambi yang memiliki Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) menyimpan banyak objek wisata alam yang memesona. Salah satunya Danau Kaco yang cantik dengan air sebening kaca. Begitu melihatnya langsung, Sobat Turisian pun bakal terpukau.

Danau tersebut berlokasi di kawasan Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dekat dengan perbatasan Provinsi Bengkulu. Bersumber dari data Balai Besar TNKS, luas danau yang satu ini tak lebih dari 90 meter persegi.

Letak Danau Kaco ini cukup tersembunyi di dalam hutan, hingga menyajikan suasana nyaman, sejuk, dan asri dengan rindangnya pepohonan hutan hujan tropis Sumatra. Sehingga sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin merelaksasi pikiran dan melepas kepenatan.

Selain itu, Sobat Turisian pecinta fotografi atau wisata selfie bisa memuakan diri dengan berburu spot-spot foto yang cantik dana alami. Jamin hasil fotonya pun bakal ciamik dan instagenic banget. Udara di kawasan ini pun sungguh sejuk, berkisar 20 derajat Celcius.

Untuk menjangkau Danau Kaco, Sobat Turisian mesti sedikit berjuang dalam perjalanannya. Kalau berangkat dari pusat Kota Jambi, perjalanannya cukup menguras tenaga sebab bisa menghabiskan waktu hingga 10 jam. Sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri atau sewa. Sebab belum ada angkutan khusus menuju danau yang cantik ini.

Baca juga: Ini Tiga Objek Wisata Jambi yang Asik Buat Tujuan Liburan Kalian!

Tujuan pertama perjalanan tersebut yaitu Sungai Penuh, sekitar 500 km barat Kota Jambi. Selama perjalanan ke Sungai Penuh kalian bisa menikmati pemandangan hijaunya persawahan dengan padi payo jenis long grain khas Kerinci.

Jalan mulus berkelok-kelok menyusuri punggung Pegunungan Bukit Barisan turut mewarnai perjalanan menuju Danau Kaco. Rekomendasinya, rute dari Kota Jambi ke Sungai Penuh sebaiknya berangkat sejak pagi hari agar tidak kemalaman tiba di tujuan pertama. Terlebih belum ada penerangan jalan umum selama perjalanan.

Perjalanan dari Sungai Penuh

Kalau tiba di Sungai Penuh saat malam hari, sebaiknya langsung mencari penginapan saja dan melanjutkan perjalanan ke danau tersebut keesokan harinya. Sungai Penuh sendiri merupakan kota terdekat dengan Lempur, berjarak sekitar 40 km. Dapat kalian tempuh selama kurang lebih 45 menit berkendara.

Lempur menjadi titik perjalanan terakhir sebelum tiba di Danau Kaco. Dengan jarak tak lebih 20 menit berkendara melewati persawahan dan jalan desa beraspal mulus selebar dua meter.

Sobat Turisian bisa juga memakai jasa ojek dari warga sekitar dan membayar sekitar Rp50.000 sekali jalan. Penanda segera tiba di pintu masuk objek wisata ini, yaitu kalau jalannya tak lagi beraspal mulus, mulai berbatu, dan makin menanjak.

Baca juga: Jembatan Gentala Arasy, Ikon Jambi yang Megah Melintang di Atas Sungai Batanghari

Kemudian terdapat sebuah pos berbentuk rumah panggung yang menjadi akhir perjalanan. Sekaligus menjadi awal langkah menuju Danau Kaco. Tempat wisata yang setiap tahun dikunjungi lebih dari 7.000 turis.*

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Prov. Jambi

Pos terkait