Air Terjun Sipiso-piso yang Memukau, Pelengkap Pesona Keindahan Danau Toba

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso di Kabupaten Karo, Sumut. (Source: Disbudpar Sumut)

TURISIAN.com – Kala Sobat Turisian berwisata ke Danau Toba di Sumatra Utara, bisa sekalian mampir ke Air Terjun Sipiso-piso. Saking indahnya, objek ini layak menjadi bonus wisata saat kalian berkunjung ke danau vulkani terbesar di Asia tersebut.

Dengan tinggi mencapai 120 meter, menempatkan air terjun ini sebagai salah satu yang tertinggi di Indonesia. Terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba.

Air yang keluar dari gua tersebut berukuran tidak begitu besar, namun sangat deras dan jatuh pada ketinggian 120 meter, membuatnya begitu indah. Penampilan itulah yang melahirkan nama dengan kata “piso” yang berarti pisau. Karena memang air terjun ini bila kalian lihat dari jauh bentuknya seperti pisau, kecil dan panjang.

Lokasi & Daya Tarik Lain Air Terjun Sipiso-piso

Objek wisata alam yang satu ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, serta tidak jauh dari Danau Toba.

Baca juga: Bukit Simarjarunjung, Tempat Terbaik Menikmati Pesona Danau Toba yang Eksotis

Sehingga kawasan wisata Air Terjun Sipiso-piso ini pun menjadi salah-satu tempat terbaik menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Bahkan, saat ini di sini sudah banyak penataan untuk memberi kenyamanan bagi para pengunjung.

Pemandangan lain di sekitarnya pun sangat indah. Tampak di atas air terjun berupa hamparan area sawah, dan perkebunan milik warga. Di sisi lain, Sobat Turisian pun bisa menyaksikan keindahan panorama gunung dan perbukitan yang indah.

Suasana di Air Terjun Sipiso-piso cukup asri dan tenang, tambah hawa yang segar khas pegunungan. Sehingga Sobat Turisian pun bisa memanjakan mata dan menenangkan pikiran di tempat ini. Pas banget buat yang butuh tempat healing.

Baca juga: 4 Kuliner Khas Danau Toba dengan Cita Rasa Otentik yang Wajib Dicoba

Bagi Sobat Turisian yang senang wisata selfie dan fotografi, bakalan terpuaskan saat berwisata ke sini. Pasalnya di objek wisata Air Terjun Sipiso-Piso terdapat sejumlah spot foto yang instagrammable. Spot selfie yang populer di kalangan pengunjung, yaitu gardu pandang berlatar Danau Toba.*

 

 

Pos terkait