4 Kuliner Khas Danau Toba dengan Cita Rasa Otentik yang Wajib Dicoba

Kuliner Khas Danau Toba
Ayam atau Manuk Napinadar khas Danau Toba.

TURISIAN.com – Selain menikmati pesona alam dan budaya, Sobat Turisian wajib mencicipi ragam kuliner khas saat berlibur di Danau Toba. Di Destinasi Super Prioritas ini, terdapat banyak kuliner khas dengan cita rasa otentik yang menggugah selera dengan beragam bentuk, bahan, dan rempah.

Aneka kuliner khas yang bisa Sobat Turisian nikmati di sana, mulai dari camilan sampai dengan hidangan masakan. Cocok sekali disantap bersama sepiring nasi hangat setelah uas mengeksplorasi keindahan danau di Sumatera Utara ini.

Berikut ini ada 4 rekomendasi kuliner khas Danau Toba yang wajib Sobat Turisian coba kala berwisata ke danau vulkanik terbesar di dunia itu.

Manuk Napinadar

Kuliner khas Danau Toba yang pertama ada Manuk Napinadar yang wajib Sobat Turisian coba. Istilah “manuk” merupakan sebutan ayam bagi masyarakat sekitar Danau Toba.

Baca juga: Wajib Coba Nih! Ragam Kuliner Khas dari 5 Destinasi Super Prioritas

Masakan ini merupakan olahan ayam kaya rempah yang biasanya dihidangkan dalam acara upacara adat tertentu. Masakan manuk napinadar berpadu dengan kelapa parut sangrai ditambah andaliman, sehingga menciptakan cita rasa unik yang ikonik.

Arsik Ikan Mas

kuliner khas Danau Toba

Makanan berikutnya yaitu masakan arsik ikan mas berbumbu kuning yang melegenda. Hidangan ini memiliki cita rasa pedas dan asam yang khas, sangat cocok bagi para Sobat Turisian penyuka kuliner pedas.

Arsik sebagai legenda kuliner Batak karena dianggap sebagai simbol doa dan berkat pada proses pernikahan adat Batak. Berbahan utama ikan mas atau ikan nila dengan bumbu kuning.

Mi Gomak

kuliner khas Danau Toba

Mi gomak juga menjadi kuliner khas Danau Toba yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan. “Spaghetti” ala Danau Toba ini memiliki tekstur yang kenyal dengan ukuran lebih besar dari jenis mi lainnya.

Sajian mi gomak ada dua macam, mi gomak kuah atau goreng. Dengan bumbu santan dan tambahan andaliman, asam patikala, atau kecombrang sebagai pelengkap.

Ombus-ombus

Ombus-ombus

Nah kuliner yang terakhir ini berupa camilan manis dengan nama ombus-ombus. Masyarakat Batak Toba biasa menyantap makanan ini saat sarapan pagi.

Camilan ini terbuat dari perpaduan tepung beras, kelapa, dan gula merah. Biasanya tersaji sebagai pelengkap menu sarapan bersama teh atau kopi.  Termasuk juga salah satu kudapan wajib pada beberapa upacara adat tertentu.

Baca juga: Kuliner Ekstrem Khas Indonesia, Berani Coba?

Sepintas tampilannya mirip getuk Jawa, berbentuk menyerupai kerucut. Lebih nikmat Sobat Turisian menyantapnya selagi hangat sambil meniupnya perlahan-lahan. Dari situlah nama ombus-ombus berasal yang dalam Bahasa Batak berarti ditiup-tiup.

Itulah beberapa kuliner khas Danau Toba yang wajib Sobat Turisian coba kelezatannya saat berlibur ke sana.*

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait