Wajib Coba Nih! Ragam Kuliner Khas dari 5 Destinasi Super Prioritas

kuliner destinasi super prioritas
Se'i sapi dan ayam khas Labuan Bajo NTT. (iStock)

TURISIAN.com – Ada 5 daerah yang terpilih sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP), yaitu Mandalika, Danau Toba, Likupang, Borobudur, dan Labuan Bajo. Selain daya tarik alamnya, ada kuliner khas dari Destinasi Super Prioritas yang wajib dicoba.

Kuliner khas ini pun berperan penting sebagai daya tarik DSP. Karena wisatawan berkunjung ke suatu daerah banyak mencari makanan khasnya.

Kuliner khas dari 5 Destinasi Super Prioritas cukup beragam dan menarik untuk dicicipi kelezatannya. Mulai dari makanan utama, hingga kudapan penggugah selera. Seperti 5 kuliner khas Destinasi Super Prioritas (DSP) berikut ini yang direkomendasi Kemenparekraf.

Ayam Taliwang Khas Mandalika

Mandalika memiliki kuliner khas yang bermacam-macam, namun satu yang direkomendasikan dan sudah cukup populer yaitu ayam taliwang. Di tempatnya, masyarakat ada yang menggoreng atau membakar ayam ini dengan menggunakan kayu nangka atau kayu kopi, sehingga membuat aromanya lebih nikmat.

Baca juga: Cicipi Kelezatan Aneka Kuliner Khas Mandalika Lombok

Bahan utamanya ayam kampung, lalu diberi bumbu yang terbuat dari cabai, bawang merah, tomat, dan juga terasi. Saat disantap, perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis bikin nagih.

Terutama bagian kulit ayam yang sedap dan renyah sempurna. Selain ayam taliwang, ada beberapa kuliner khas Mandalika lain yang tak kalah enaknya, seperti Sate Rembiga, Ayam Rarang, dan Ares.

Naniura Khas Danau Toba
kuliner destinasi super prioritas
Naniura. (source: Indonesia.go.id)

Pindah ke Danau Toba, Sobat Turisian wajib coba kelezatan Naniura. Kuliner Danau Toba yang kerap disebut sebagai sashimi khas Batak yang kaya akan rempah.

Masyarakat lokal memasak hidangan Naniura yang berbahan ikan ini tanpa menggunakan api. Namun tetap enak di mulut. Biasanya, memakai ikan mas sebagai bahan utamanya.

Pos terkait