Selain Pantai nan Indah, Alor Punya Air Terjun Mataru yang Cantik

Air Terjun Mataru
Air Terjun Mataru Kab. Alor, NTT. (Source: Dispar Alor)

TURISIAN.com – Sobat Turisian pecinta wisata alam, wajib ke Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana banyak objek wisata alam dari mulai pantai hingga air terjun. Salah satu yang menarik buat kalian kunjungi, yakni Air Terjun Mataru.

Kawasan wisata yang satu ini menyajikan pesona alam yang memukau. Saat berada di lokasi air terjun tersebut, sejauh mata memandang akan tampak tingginya tebing yang memuntahkan air ke bawah.

Daya tarik Air Terjun Mataru yang dapat Sobat Turisian nikmati, ada kolam berenang yang terbentuk secara alami tepat d bawah jatuhan air. Tambah lagi, suasana asri sekitar dengan aneka pohon dan rumput yang tak penah kering. Serta kicauan burung yang merdu, mebuat semakin nyaman dan betah.

Desa Taman Mataru juga merupakan suatu kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan. Baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, dan adat istiadat. Dengan struktur tata ruang khas pedesaan yang menarik serta mempunyai potensi untuk mengembangkan berbagai komponen kepariwisataan.

Baca juga: Pantai Mali Alor Tawarkan Sunrise Terbaik dan Wisata Pengamatan Dugong

Lokasi & Akses Menuju Air Terjun Mataru

Objek wisata alam yang satu ini terletak di Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor, NTT. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Beintal.

Untuk menjangkau Air Terjun Mataru, Sobat Turisian dapat melalui jalur darat dengan memakai kendaraan roda dua atau empat. Jika kalian berangkat dari pusat kota Kabupaten Alor, membutuhkan waktu perjalanan lebih kurant 2 jam.

Setibanya di Desa Legiman, Sobat Turisian harus meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki. Jarakanya sekira 1,5 km dari perkampungan karena letak air terjun ini jauh dari pemukiman warga.

Begitu sampai di Air Terjun Mataru, Sobat Turisian langsung mendapat sambutan udara dingin dan segar yang terpancar dari sumber air terjun. Hawa yang dingin dan segar inilah yang membuat pengunjung tidak pernah berhenti datang ke sini.

Baca juga: Berwisata ke Pulau Kepa Alor, Menikmati Alam yang Indah Memesona

Air terjun tersebut juga terus melakukan tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Alor. Sehingga bakal membuat wisatawan yang datang akan semakin nyaman dan betah.*

 

Pos terkait