Menyelami Keindahan Bawah Laut Pulau Batu Atas di Buton Selatan

Pulau Batu Atas
Pulau Batu Atas Buton Selatan, Sultra. (Source: Disprekraf Buton Selatan)

TURISIAN.com – Pulau Batu Atas menjadi salah satu destinasi yang mempunyai banyak keistimewaan di Buton Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra). Daya tarik utamanya dari keindahan bawah laut yang memukau. Sobat Turisian pecinta diving atau snorkeling wajib datang ke sini.

Meski belum setenar Taman Nasional Wakatobi yang terkenal mempunyai keindahan bawah laut kelas dunia. Namun alam bawah laut pulau ini pun tak kalah keindahannya dan belum terekspos. Jadi suasananya belum terlalu ramai dan cukup memenangkan.

Pesona alam Pulau Batu Atas Sulawesi Tenggara ini masih alami dengan air laut yang jernih dan biru. Hamparan terumbu karangnya pun masih tampak terjaga dengan beraneka ikan dan biota laut. Sobat Turisian yang hobi menyelam dan fotografi laut akan terpuaskan di sini.

Begitu wisatawan menyelam pada kedalaman 10 meter, akan dapat sambutan indahnya corak ragam terumbu karang yang masih terjaga. Plus sinar matahari yang dapat menembus perairan tersebut. Sehingga membuat pemandangannya semakin tampak sangat indah dan jelas.

Baca juga: Cantiknya Pesona Alam Pantai One Mopute di Buton Selatan

Di alam bawah laut Pulau Batu Atas ini juga hidup beraneka macam ikan warna-warni serta barakuda yang mendapat menambah keindahannya. Ada juga penyu yang mempunyai ukuran besar yang bakal buat kalian makin terpesona.

Tak hanya itu, pulau di Sultra ini juga mempunyai topografi yang unik serta khas dan menghasilkan banyak kejutan yang tidak terduga untuk para wisatawan. Saat perjalanan menuju pulau ini dengan mengarungi perairan, Sobat Turisian juga bisa melihat indahnya lompatan lumba-lumba.

Lokasi Pulau Batu Atas

Destinasi wisata alam yang satu ini berlokasi di Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara. Terletak cukup jauh dari pusat kota Kabupaten Busel, sehingga Sobat Turisian harus menggunakan transportasi laut untuk menjangkaunya.

Tersedia dua pilihan jalur untuk menuju Pulau Batu Atas. Sobat Turisian bisa berangkat dari Kota Baubau via Pelabuhan Topa atau Pelabuhan Tarafu. Dengan menggunakan kapal reguler dengan biaya sekitar Rp70.000,00 sekali jalan dalam waktu 5-8 jam melalui Laut Banda.

Baca juga: Pantai Lakadao Buton Selatan yang Menawan dengan Latar Tebing nan Eksotis

Sobat Turisian juga bisa pilih jalur kedua, sebagai alternatif tercepat. Berangkat dari Batauga, ibu kota Kabupaten Busel, memakai speedboat. Harganya sekira Rp400.000 pulang pergi dengan waktu tempuh lebih kurang dua jam.*

 

 

 

Pos terkait