Rekreasi ke Air Terjun Dolo Kabupaten Kediri yang Cantik Memesona

Air Terjun Dolo
Air Terjun Dolo di Kab. Kediri, Jawa Timur. (Source: Pemkab Kediri)

TURISIAN.com – Kabupaten Kediri menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi saat liburan nanti. Daerah ini menyimpan banyak objek wisata alam, seperti Air Terjun Dolo yang cantik memesona.

Destinasi wisata ini terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Berjarak sekitar 25 km dari Kota Kediri ke arah barat atau kurang lebih 45 menit perjalanan.

Sedangkan dari Bandara Juanda Surabaya sejauh 150 km atau sekira 3,5 jam. Meski agak jauh, tapi pemandangan di sepanjang jalan menuju wisata Air Terjun Dolo tersebut terbilang sangat indah dan mudah.

Letaknya berada di tengah kawasan hutan Gunung Besuki dengan ketinggian mencapai 1.800 meter di atas permukaan laut. Sehingga cocok juga buat Sobat Turisian pecinta hiking atau mendaki gunung.

Pesona keindahan Air Terjun Dolo ini pun semakin lengkap dengan udara yang segar dan sejuk khas pegunungan. Plus view hijau dan tenang serta air terjun yang alami. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berada di tempat ini lewat jepretan kamera.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Monumen Kediri yang Megah dan Menyerupai L’arch D’ Triomphe Prancis

Akses menuju ke air terjun ini, Sobat Turisian harus berhenti berkendara di Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Karena jalan menuju ke arah air terjun mesti mendaki dan tidak mungkin memakai kendaraan.

Jalur pendakian menuju Air Terjun Dolo berupa tangga-tangga dari bebatuan yang melingkari daerah tersebut. Bebatuan itu pun menambah pesona dan nilai tersendiri yang membedakan dengan air terjun lain.

Rasa lelah dan haus dalam pendakian akan terobati saat mencapai air terjun di Kabupaten Kediri yang satu ini. Sobat Turisian akan merasakan kesejukan dan panoramanya yang sangat memesona. Suasana tenang dan nyaman akan memanjakan kalian, sekaligus melepas kepenatan dari rutinitas perkotaan.

Fasilitas Wisata

Di sini Sobat Turisian bisa menikmati kesegaran Air Terjun Dolo di aliran dan kolam di bawahnya. Selain itu, kalian dapat memanaskan suasana dengan menikmati fasilitas wisata yang tersedia seperti track jogging ataupun hiking area. Bagi yang membawa keluarga dapat mengajaknya ke taman bermain yang tersedia.

Ada pula Camping Ground untuk Sobat Turisian yang ingin bermalam dan menikmati suasana kawasan ini lebih lama. Bergeser beberapa meter dari air terjun, terdapat kebun sayur dan stroberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu. Di situ kalian bisa membeli sayuran dan stroberi yang masih segar, bahkan bisa mencoba memetiknya sendiri.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun di Wahana Jatim Park 3, Ini Harga Tiket Masuknya

Oh iya, buat Sobat Turisian yang belum terbiasa dengan suasana dingin, sebaiknya membawa mantel atau baju hangat agar tetap bisa menikmati liburan di sini. Sebab di lokasi biasanya selalu mendung dan kabut yang tebal.*

 

Pos terkait