Wisata Religi ke Masjid Raya Bayur Kabupaten Agam yang Unik dan Megah

Masjid Raya Bayur
Masjid Raya Bayur Kab. Agam, Sumbar.

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang beragama Islam khususnya, saat jalan-jalan ke Kabupaten Agam jangan lupa mampir ke objek wisata religi, Masjid Raya Bayur. Sebuah masjid yang berdiri pada awal abad ke-20.

Daya tarik dari masjid yang satu ini, tampak dari arsitektur bangunannya yang unik. Gaya bangunannya memadukan bentuk Pagoda khas Thailand, dengan atap gonjong yang biasanya ada pada rumah adat Minangkabau.

Perpaduan tersebut dapat Sobat Turisian lihat pada sebuah menara kecil yang terletak di empat sudut atap bangunan utama Masjid Raya Bayur. Sementara struktur rancangan atapnya mengikuti pola bangunan rumah panggung dengan atap bersusun tiga.

Pembangunan masjid ini sekitar tahun 1905 atas prakarsa Syekh Muhammad Salim al-Khalidi Bayur bersama sejumlah tokoh masyarakat setempat. Di antaranya Dt. Batuah, Abdulwahid, H. Abdurrahman, dan Labai Nan Saliah. Peletakan batu pertamanya berlangsung pada tanggal 19 Dzulhijjah 1322 H.

Baca juga: Terpukau Pesona Air Terjun Gadih Ranti Kabupaten Agam

Syekh Salim sendiri merupakan seorang ulama setempat yang mendirikan Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Bayur. Ia juga mengasuh pengajian di Surau Payung yang berada di sebelah masjid. Beliau wafat pada 1938 dan makamnya berada di depan Masjid Raya Bayur.

Begitu Sobat Turisian masuk ke ruang dalam masjid, akan melihat sejumlah ornamen. Pada bagian dinding masjid, misalnya, ada lapisan papan berukir dengan komposisi warna cat bernuansa gelap. Termasuk dengan tiang-tiang penyangga masjid. Tiang-tiang yang terbuat dari tembok tersebut, ada hiasan warna lembut yang serasi dengan dinding masjid.

Kemudian pada bagian depan Masjid Raya Bayur, terdapat ruang terbuka berupa taman lengkap dengan air mancur dan tanaman yang menambah asri. Sementara di bagian belakang ruangan masjid, kalian akan menemukan kolam ikan. Di samping kiri dan kanan kolam ikan tersebut terdapat tempat wudu.

Fasilitas & Lokasi Masjid

Masjid di Kabupaten Agam ini lengkap dengan beberapa fasilitas pendukung. Seperti tempat penitipan sandal dan sepatu, tempat wudu laki-laki dan perempuan, serta area parkir. Bagi jemaah yang ingin menunaikan ibadah salat, namun tidak membawa kelengkapannya, di dalam masjid sudah tersedia beberapa sarung dan mukena.

Baca juga: Ngalau Nan Panjang, Wisata Gua di Kabupaten Agam yang Menakjubkan

Lokasi Masjid Raya Bayur sendiri berada di Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Terletak tidak begitu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Lubuk Basung (Ibu kota Kabupaten Agam) dengan Kota Bukittinggi.*

 

 

Sumber & Foto: Disparpora Kab. Agam

Pos terkait