Rekreasi Sambil Edukasi Soal Lebah dan Madu di Agro Tawon Rimba Raya

Agro Tawon Rimba Raya
Agro Tawon Rimba Raya di Kabupaten Malang, Jatim. (Source: Pemkab Malang)

TURISIAN.com – Agro Tawon Rimba Raya merupakan salah satu objek wisata alam dan edukasi di Kabupaten Malang. Di sini Sobat Turisian bisa rekreasi menikmati keindahan alam sembari belajar mengenal ternak lebah dan pengolahan madu.

Letaknya yang berada di lembah kecil yang cukup eksotis membuatnya memiliki sajian panorama alam yang cukup memesona. Ketika memasuki pintu gerbang, Sobat Turisian langsung menyusuri jalan berbatu yang menurun tajam menghadap ke lembah yang banyak tumbuh beraneka jenis tanaman.

Bergerak makin ke tengah lembah yang mendatar, terdapat beberapa bangunan kecil dan kotak-kotak lebah yang terlindung di antara pepohonan. Sebagian kotak lebah lainnya terletak berderet di pinggir jalan setapak kawasan Agro Tawon Rimba Raya ini.

Di bagian tengah tersebut, Sobat Turisian akan mendapatkan informasi dan penjelasan dari pemandu. Tentang pola hidup lebah, teknik ternak, proses pemanenan madu, dan lain-lain. Kalian pun dapat menikmati es madu, jus jambu-madu, serta membeli berbagai produk hasil dari ternak lebah. Hingga mencoba apitherapy atau pengobatan dengan sengat lebah.

Tak hanya lebah, di Agro Tawon Rimba Raya yang memiliki luas area tiga hektare itu, terdapat pula berbagai jenis tanaman yang tumbuh rimbun dan tertata rapi. Sebagian besar termasuk tanaman yang bunganya mengandung banyak madu untuk pakan lebah. Seperti kapuk randu, kaliandra, kayu putih, dan berbagai jenis perdu.

Di samping, ada juga puluhan pohon kurma yang termasuk tanaman “asing”, dan tanaman langka seperti jambu-jeruk dan jambu-nenas. Dua jenis terakhir ini merupakan buah yang unik, tampilannya benar-benar jambu tapi mempunyai rasa jeruk dan jambu yang berasa nenas.

Baca juga: Coban Glotak, Hidden Gem Wisata Air Terjun Kabupaten Malang

Tambah lagi dengan tujuh macam jenis lengkeng dataran rendah, sawo manila, jeruk, dan beberapa macam tanaman yang berasal dari luar negeri. Inilah yang juga menjadi salah satu daya tarik Agro Tawon Rimba Raya, Kabupaten Malang.

Aneka Jenis Madu di Agro Tawon

Untuk produk yang tersedia di sini, yang utama dan unggulan yakni madu, baik hasil dari lebah impor, lokal, maupun klanceng. Di agrowisata tersebut, selain ada madu dengan proses separator dalam kemasan botol, Sobat Turisian pun bisa membeli madu yang masih tersimpan dalam sarang (comb honey).

Sobat Turisian di Agro Tawon Rimba Raya bisa mengenal aneka jenis madu hasil lebah impor (Apis mellifera). Masing-masing punya ciri khas berdasarkan jenis bunga tanaman tempat penggembalaan. Di antaranya ada madu kapuk randu, madu lengkeng, madu kaliandra, atau madu rambutan. Ada juga jenis ”madu campur” (mix-flower), baik hasil lebah impor, lokal, maupun klanceng.

Kawasan agro peternakan lebah ini juga menghasilkan royal jelly (susu ratu), yaitu cairan atau susu yang dikeluarkan lebah pekerja. Jenis madu ini merupakan pakan bagi ratu lebah agar dapat terus bertelur banyak dan berumur panjang, sampai sekitar enam tahun.

Royal jelly sendiri berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, perbaikan sel-sel yang rusak/mati, mencegah rambut rontok, lemah syaraf. Lalu menyembuhkan berbagai radang termasuk hepatitis, dan lain-lain. Jika royal jelly berpadu dengan madu, berbagai khasiatnya menjadi ganda.

Produk madu Agro Tawon Rimba Raya lainnya, ada jenis bee pollen, yaitu serbuk sari bunga jantan yang lebah bawa dengan kantong kakinya ketika menghisap madu dari bebungaan. Madu tersebut berguna untuk meningkatkan fungsi hati dan pencernaan, gangguan lambung, diabetes, insomnia, dan beberapa jenis gangguan/penyakit lain.

Buat Sobat Turisian yang minat membelinya, bisa pilih yang masih asli, tapi  juga dapat memilih yang sudah masuk proses dan pembentukan semacam pil sebesar ujung jari kelingking. Sehingga mudah kalian bawa bepergian. Bee pollen yang berpadu dengan madu dalam komposisi tertentu, akan menjadi semacam selai yang siap kalian nikmati.

Fasilitas Pendukung & Lokasi Agro Tawon

Destinasi wisata yang satu ini juga sudah memiliki berbagai fasilitas dan wahana. Di antaranya outbond, gazebo, playground, cafetaria, dan areal parkir yang luas. Sobat Turisian juga bisa membawa oleh-oleh hasil lebah, seperti Madu, Royal Jelly, Bee pollen dan Propolis.

Baca juga: Jalan-jalan Melihat Keunikan Candi Jago di Kabupaten Malang

Lokasi Agro Tawon Rimba Raya terletak di Puri Kencana, Jalan Dr. Wahidin No. 8 Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk jam operasionalnya buka dari Senin sampai Minggu, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB*

Pos terkait