Museum Sejarah Purbakala Pleret Koleksi Peninggalan Mataram dan Purbakala Lainnya

Museum Sejarah Purbakala Pleret
Museum Sejarah Purbakala Pleret Bantul, DIY. (Source: Pemkab Bantul)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang senang wisata sejarah dan mempelajari benda-benda purbakala, wajib datang ke Museum Sejarah Purbakala Pleret. Tempat wisata edukasi ini buka untuk umum pada tanggal 10 Maret 2014.

Di dalamnya berisi koleksi peninggalan Mataram atau benda-benda purbakala yang ditemukan di Bantul dan sekitarnya. Koleksi bendanya banyak berasal dari Candi Gampingan dan Situs Payak. Tetapi ada juga dari pinjaman museum lain. Jumlahnya mencapai sekitar 50 benda peninggalan sejarah masa lampau, mulai dari arca, stupa, dan lainnya.

Salah satu spot yang menarik perhatian pengunjung Museum Sejarah Purbakala Pleret, yakni adanya sebuah sumur berwarna merah muda, warga sekitar menyebutnya dengan Sumur Gumuling. Sebuah sumur peninggalan Keraton Plered. Berdasarkan cerita, sumur ini terhubung secara spiritual dengan pantai selatan dan airnya berfungsi untuk Ritual Jamasan Pusaka Keraton.

Baca juga: Sensasi Jelajah Hutan Mangrove Baros Bantul Yogyakarta

Selain itu, konon jika Sobat Turisian menggunakan air sumur tersebut, buat yang belum punya jodoh bisa cepat dapat jodoh. Wah patut kalian coba nih, khususnya untuk yang masih jombo!

Koleksi Arca

Sedangkan untuk koleksi arca Museum Sejarah Purbakala Pleret, di antaranya ada Arca Jambhala dan Ganesha. Arca Jambhala hasil penemuan tim peneliti dari Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY saat ekskavasi di Situs Gampingan tahun 1997.

Penemuan arca tersebut dalam kondisi utuh dan memiliki atribut yang cukup lengkap, di mana tangan kiri membawa nakula (kantung mutiara). Dalam agama Hindu, Jambhala sering disebut sebagai Kuvera. Dalam kepercayaan Buddha, Jambhala merupakan dewa kekayaan atau kemakmuran.

Kemudian Arca Ganesha di Museum Sejarah Purbakala Pleret merupakan perwujudan dari kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan dalam agama Hindu. Ganesha ini berkepala gajah dan berbadan manusia. Dengan atribut yang lengkap, memiliki 4 tangan, ekadanta (bergading 1) dan memegang akhsamala (semacam tasbih)

Di seputar museum juga terdapat beberapa situs atau peninggalan lain. Berupa umpak Keraton Kerto, Situs Masjid Agung Kauman Pleret, dan lain-lain.

Lokasi & Rute ke Museum Pleret

Museum ini berlokasi di Kawasan Cagar Budaya Pleret, Jl. Raya Pleret Dusun Kedaton, Kalurahan Plered, Kapanewon Plered, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Buka dari Sabtu sampai Kamis, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, khusus Jumat, dari pukul 08.30 WIB sampai 14.30 WIB.

Baca juga: Desa Wisata Sriharjo Bantul Tawarkan Pengalaman Liburan yang Asyik dan Seru

Untuk menuju Museum Sejarah Purbakala Pleret, Sobat Turisian bisa melewati Jalan Imogiri Timur ke arah selatan sampai perempatan Wonokromo. Kemudian belok ke timur atau kiri dan teruskan kira-kira 1 km menuju lokasi museum.*

Pos terkait