Curug Dengdeng Tasikmalaya yang Memesona Mirip Niagara

Curug Dengdeng Tasikmalaya
Curug Dengdeng di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. (Source: Disparpora Kab. Tasikmalaya)

TURISIAN.com – Wisata ke Kabupaten Tasikmalaya tak hanya bisa menikmati deretan pantai selatan yang memesona. Namun kabupaten di Jawa Barat ini juga menyimpan banyak air terjun atau curug yang menarik Sobat Turisian kunjungi. Salah satunya Curug Dengdeng.

Air terjun ini merupakan bagian dari aliran air Sungai Cikembang. Penampakannya agak berbeda dari air terjun di Indonesia pada umumnya, yaitu lebar dan bertingkat-tingkat.

Curug Dengdeng merupakan salah satu wisata air terjun yang banyak para wisatawan kunjungi. Penampilannya yang bertingkat dan jatuhan air yang lebar itu, membuatnya banyak yang menyamakan dengan Niagara di Kanada. Namun curug ini berukuran lebih kecil.

Tingkatan paling atas curug ini lah yang paling mirip dengan Niagara karena memiliki bentuk dinding tegak lurus. Pada musim hujan, pemandangan luar biasa akan Sobat Turisian lihat dengan aliran airnya yang deras dan membawa endapan lumpur.

Meski hanya memiliki kontur yang mirip, namun Curug Dengdeng tak kalah menarik untuk Sobat Turisian nikmati dari dekat untuk memanjakan mata. Topografi tanah yang berundak menjadi ciri khasnya. Sehingga menyajikan panorama yang memukau.

Baca juga: Yuk Liburan ke Desa Wisata Guranteng Tasikmalaya, Banyak Objek Wisata Menarik!

Di tempat ini pun, Sobat Turisian bisa menyaksikan keindahan hamparan persawahan yang menambah keasrian destinasi wisata Tasikmalaya ini. Tak heran banyak para penyuka fotografi mengabadikan pesona keindahannya lewat jepretan kamera, hingga para pecinta wisata selfie.

Setiap teras pada tingkatan Curug Dengdeng memiliki luas dan kedalaman kolam yang berbeda-beda. Sobat Turisian pun bisa berenang atau bermain air di spot tersebut. Waktu yang tepat untuk menikmati kesejukan air terjun ini, yakni pada awal musim kemarau dan awal musim hujan.

Di kedua periode waktu tersebut, debit air yang mengalir tidak terlalu banyak. Arusnya pun tergolong aman untuk tempat bermain air. Lebih asyik sih di musim kemarau, debit air yang mengalir akan berkurang. Tersisa adalah kubangan-kubangan air yang jernih. Beberapa kubangan bisa kalian gunakan untuk berendam atau sekadar bermain air.

Lokasi Curug Dengdeng Tasikmalaya

Destinasi wisata air terjun yang satu ini terletak di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 57 km dari pusat kota Tasikmalaya. Sobat Turisian bisa menjangkaunya dengan naik kendaraan selama kurang lebih 2 jam.

Baca juga: Bukit Kacapi Tasikmalaya, Tawarkan Pesona Keindahan Hamparan Kebun Teh

Sementara untuk jam operasional wisata Curug Dengdeng ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi Sobat Turisian bisa bebas berkunjung ke sini kapan saja.*

Pos terkait