Jalan-jalan ke Magelang Menikmati Bangunan Candi Pawon yang Menawan

Candi Pawon
Candi Pawon di Magelang, Jawa Tengah. (Source: Disparpora Kab. Magelang)

TURISIAN.com – Jalan-jalan ke Kabupaten Magelang, jangan hanya berkunjung ke Borobudur atau Candi Mendut, tapi Sobat Turisian juga wajib mampir ke Candi Pawon. Letak candi-candi ini saling berdekatan, jadi bisa kalian kunjungi dalam satu hari.

Cagar budaya ini berada di tengah garis imajiner antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Jaraknya hanya sekira 1,5 km dari Borobudur ke arah barat dan sekitar 1,5 km dari Mendut ke arah timur.

Dengan jarak yang cukup dekat itu, Candi Pawon disebut-sebut sebagai bagian dari Candi Borobudur. Karena reliefnya banyak yang percaya sebagai permulaan relief Candi Borobudur. Hal ini pun tertera di dalam prasasti Karang Tengah (824 M).

Candi ini terletak di tengah pemukiman penduduk di Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur. Para peneliti juga meyakini candi ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan senjata yang bernama vajranala. Yaitu senjata Raja Indera dalam mitologi India yang konon bentuknya serupa halilintar.

Asal-usul Nama Candi

Ada berbagai versi soal penafsiran nama Candi Pawon, pertama namanya berasal dari Bahasa Jawa, yaitu ‘awu’ yang berarti abu. Kata tersebut kemudian mendapat awalan ‘pa’ dan akhiran ‘an’ yang menunjuk pada suatu tempat, yaitu perabuan.

Baca juga: Bertandang ke Candi Asu Sengi Magelang yang Cantik

Sementara versi lainnya menyebutkan, dalam Bahasa Jawa, kata ‘pawon’ mempunyai arti dapur. Candi ini juga memiliki nama lain, yaitu Candi Bajranalan. Dugaan nama tersebut berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu ‘vajra’ yang berarti halilintar dan ‘anala’ yang artinya api.

Di samping itu, Candi Pawon merupakan monumen Buddha yang pembangunannya menggabungkan arsitektur Hindu Jawa kuno dan India. Dengan bahan material bebatuan gunung berapi. Pemugaran objek candi ini berlangsung tahun 1903 dan selesai pada 1904.

Di dalamnya Sobat Turisian bisa melihat beragam hiasan stupa dengan relief pada dinding bagian luar. Berupa pohon kalpataru yang yang terapit pundi-pundi dan kinara-kinari. Kinari adalah sejenis makhluk setengah manusia setengah burung, di mana ia berkepala manusia tapi berbadan burung.

Harga Tiket Wisata Candi Pawon

Untuk berkunjung ke objek wisata budaya Magelang yang satu ini, Sobat Turisian hanya membayar tiket masuk sebesar Rp1.500,- dan khusus wisatawan mancanegara sebesar USD 3,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu ya Sob!

Baca juga: Melancong ke Punthuk Mongkrong Magelang yang Punya Pesona Alam Aduhai

Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan juga terjangkau. Untuk sepeda angin sebesar Rp 1.000,-, sepeda motor sebesar Rp 2.000,-, roda 4 kecuali bus kecil sebesar Rp 5.000,-, bus kecil/bus sedang sebesar Rp 10.000,- dan untuk bus besar sebesar Rp 15.000,-.*

Pos terkait