Kunjugan Wisatawan ke Sulsel Turun 41 Persen, Ini Penyebabnya

Kunjungan Wisatawan ke Sulsel
Tongkonan, rumah leluhur tradisional orang Toraja, di Kabupaten Tana Toraja di Sulawesi Selatan ini menjadi salah satu spot wisata yang menjadi favorit wisatawan mancanegara. Foto: Dok.iStock

TURISIAN.com – Di saat beberapa daerah panen turis, sebaliknya kunjungan wisatawan ke Sulsel (Sulawesi Selatan) justru mengalami penurunan hingga 41,36 persen.

Data yang disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara pada November 2022 yang masuk melalui pintu Makassar mengalami penurunan sekitar 41,36 persen. Atau dari 897 orang pada bulan sebelumnya menjadi 526 pelancong.

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus yang melalui pintu Makassar terjadi penurunan sekitar 41,36 persen. Dan penurunannya tidak terlalu besar,” ujar Kepala BPS Sulsel Suntono di Makassar, Seperti dikutip Turisian.com dari Antaranews, Rabu 4 Desember 2022.

BACA JUGA: Petualangan Menuju Keindahan Puncak Gunung Bulusaraung Pangkep Sulsel

Suntono mengatakan penurunan jumlah angka pelancong mancanegara ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya musim liburan ke beberapa negara tidak sama dengan Indonesia.

Sari jumlah itu, lanjut dia, terdapat lima negara yang menjadi penyumbang terbesar wisatawan mancanegara. Yakni, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat (AS), Prancis, Australia, Belanda, Inggris, dan Italia.

“Kalau melihat negara penyumbang wisatawan berdasarkan lima negara teratas itu. Ada yang dari Benua Asia. Seperti Malaysia dan Singapura, kemudian dari Benua Eropa seperti Belanda, Prancis dan Italia,” katanya.

Diharapkan, kunjungan wisatawan ke Sulsel beberapa pekan ke depan akan mengalami kenaikan. ***

Pos terkait