Yuk Liburan Bersama Keluarga ke Pantai Grand Pathek Situbondo!

Pantai Grand Pathek
Pantai Grand Pathek Kabupaten Situbondo, Jatim. (Source: Dispar Kab. Situbondo)

TURISIAN.com – Agenda liburan Sobat Turisian bersama keluarga selanjutnya bisa arahkan ke Pantai Grand Pathek yang berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Di sini kalian bisa bersantai sambil menikmati pesona pemandangan pantai yang menarik.

Pantai ini terletak di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, sehingga terkenal juga dengan nama Pantai Gelung. Awalnya tempat ini cukup kumuh, namun berkat pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Gelung berubah menjadi objek wisata yang layak Sobat Turisian kunjungi.

Selain menikmati pemandangan alam yang indah, di Pantai Grand Pathek Sobat Turisian juga dapat menikmati sajian aneka kuliner. Seperti ikan bakar tanpa tulang dan segelas es kelapa muda yang menyegarkan. Tambah nyaman lagi dengan view hamparan pasir pantai yang luas dan suasana sejuk di bawah pepohonan rindang.

Uniknya lagi, Pantai Grand Pathek juga menyediakan fasilitas kolam renang air tawar di pingir pantai, yang cocok bagi anak-anak. Ada pula perpustakaan apung serta spot swafoto yang instragmable dengan latar belakang pantai nan biru.

Lokasi geografisnya yang berada di Jalur Pantura, membuat pantai tersebut kerap menjadi tempat singgah para pengendara. Mereka menepi hanya untuk sekadar beristirahat sambil melihat suasana pantai yang teduh.

Mengingat air di bibir pantainya yang keruh, membuat Pantai Grand Pathek tidak mendukung untuk kegiatan snorkeling. Meski begitu, pantai ini menjadi spot favorit bagi para pemancing tradisional untuk menyalurkan hobinya.

Baca juga: Serunya Naik Perahu Layar di Pantai Pasir Putih Situbondo

Saat siang hari, Sobat Turisian bisa melihat para pemancing tradisional emmancing dengan teknik merendam setengah badannya di pantai. Menurut pengakuan salah seorang pemancing, hasil tangkapan ikan yang mereka dapat biasanya untuk konsumsi pribadi.

Destinasi Pantai Grand Pathek menjadi lokasi bersandar banyak perahu nelayan. Sehingga di kala sore hari, Sobat Turisian bisa menyaksikan pemandangan pantai dengan dominasi aktivitas para nelayan yang akan berangkat mencari ikan di perairan Selat Madura.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Walaupun terkenal sebagai pantai nelayan, objek wisata ini juga sudah lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Seperti penginapan dan rumah makan dengan sensasi terapung.

Tak sampai di situ, Pantai Grand Pathek juga menyediakan pendopo di sepanjang garis pantainya. Spot tersebut menjadi tempat yang pas menikmati kuliner khas pesisir sambil merasakan keteduhan pantai. Aktivitas itu pun menjadi salah satu kegiatan favorit para pengunjung.

Tempat ini pun menjadi alternatif wisata Situbondo yang selain murah, juga menawarkan kemeriahan bagi pengunjungnya. Untuk menuju pantai ini, Sobat Turisian bisa menggunakan roda dua maupun roda empat.

Lokasi Pantai Grand Pathek berjarak 10 km dari pusat kota Situbondo ke arah utara. Sobat Turisian pun dapat menempuhnya dalam waktu kurang lebih 20 menit saja.

Baca juga: Kampung Kerapu Situbondo, Tempat Budi Daya Ikan yang jadi Wisata Keluarga

Untuk tiket masuknya cukup terjangkau, hanya sekira Rp3.000 per orang, lalu tiket kolam renang Rp10.000 per orang. Tambah tarif parkir Rp2.000 untuk motor dan mobil sebesar Rp5.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.*

Pos terkait