Cottok Inovation Park (CIP) Pilihan Asyik Buat Liburan Keluarga di Situbondo

Cottok Inovation Park
Cottok Inovation Park (CIP) Situbondo, Jatim. (Source: Dispar Kab. Situbondo)

TURISIAN.com – Cottok Inovation Park (CIP) merupakan salah satu pilihan tempat wisata yang asyik buat liburan Sobat Turisian bersama keluarga di Kabupaten Situbondo. Di sini tersaji pemandangan alam yang memesona dan berbagai wahanan yang menarik.

Dulunya, objek wisata ini merupakan bukit tandus dan gersang yang hanya menjadi tempat mengembala kambing oleh masyarakat setempat. Di sini terdapat banyak tumbuh tanaman, di antaranya kaktus duri, bidara, mimbo, dan semak belukar.

Kemudian pada awal tahun 2017, tepatnya tanggal 6 Maret 2017 mulai ada proses pengembangan wisata Cottok Inovation Park (CIP) di salah satu bukit di desa tersebut. Ditandai dengan pembuatan akses jalur pintu masuk kendaraan dan pengunjung, serta pembuatan kolam utama.

Di objek wisata CIP, Sobat Turisian bisa menikmati wisata edukasi, buatan, dengan pemandangan alam sekitar yang indah. Berlibur di sini pun semakin asyik karena tersedia wahana utama, yakni kolam renang dengan air alami yang menyegarkan.

Baca juga: Riang Gembira Tamasya ke Pantai Tampora Situbondo

Cottok Inovation Park (CIP) menawarkan wisata edukasi, terutama soal energi. Di tempat ini Sobat Turisian bisa mengenal dan belajar pemanfaatan energi terbarukan. Seperti mengubah tenaga surya menjadi sumber tenaga listrik, di sini berfungsi untuk penerangan objek wisata, pompa air untuk kolam, dan lainnya.

Lokasi & Fasilitas Wisata CIP

Destinasi wisata CIP terletak di Desa Curah Cottok, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Berjarak cukup dekat dari Alun-Alun Kabupaten Situbondo hanya sekitar 10 km atau kurang lebih 10 menit perjalanan.

Sebagai objek wisata, Cottok Inovation Park (CIP) sudah memiliki berbagai fasilitas dan wahana bagi pengunjung yang memadai. Di antaranya ada kolam renang, naik kuda, wahana ATV, taman-taman yang cantik, toilet, area parkir, spot kuliner,serta arena bermain khusus anak-anak (playground).

Baca juga: Kampung Kerapu Situbondo, Tempat Budi Daya Ikan yang jadi Wisata Keluarga

Sementara untuk masuk ke tempat ini, Sobat Turisian mesti membeli tiket masuk. Tapi tak usah khawatir, harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Tambah ongkos parkir motor sebesar Rp2.000 dan mobil seharga Rp5.000. Harga-harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah Sob!*

 

Pos terkait