Yuk Melancong ke Pantai Tablolong di Kabupaten Kupang!

Pantai Tablolong
Pantai Tablolong di Kabupaten Kupang, NTT. (Disparekraf Kab. Kupang)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang ingin liburan ke pantai tapi masih belum punya referensi? Bisa coba melancong ke Pantai Tablolong yang berada di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai ini merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Kupang. Panorama alamnya sangat indah dengan hamparan pasir putih yang bersih. Sehingga akan membuat Sobat Turisian nyaman dan betah berlibur di sini.

Nama Pantai Tablolong berasal dari nama salah satu perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur atau desa tempat pantai ini berada. Posisi terapit oleh Pulau Rote dan Timor.

Selain menjadi tujuan liburan keluarga, destinasi ini pun sering menjadi arena olahraga memancing, dari mulai skala nasional hingga internasional setiap tahunnya. Karena perairan sejauh 10 mil dari garis pantai  tersebut merupakan jalur migrasi ikan yang cukup ramai dari perairan Laut Timor menuju Laut Sawu.

Selain itu, kekayaan biota lautnya juga beragam, menjadikan Pantai Tablolong sebagai penghasil rumput laut terbesar di NTT. Menambah daya tarik wisata dan potensi ekonomi bagi masyarakat setempat.

Di tempat wisata ini, Sobat Turisian bisa bersantai menikmati indahnya pemandangan dengan suasana hamparan ombak yang tenang dan air yang bersih kebiru-biruan. Tambah lagi di sekelilinginya tampak hamparan pasir putih yang lembut membentang hingga ujung pantai.

Baca juga: Indahnya Hamparan Padang Savana Humon di Kabupaten Kupang

Banyak aktivitas menarik yang dapat Sobat Turisian lakukan ketika berada di Pantai Tablolong. Seperti bermain air, berenang, memancing, diving, bahkan bermain ATV. Dapat pula menikmati indahnya matahari terbenam (sunset) dan berswafoto di spot-spot yang tentunya eksotik dan instagenic.

Liburan Sobat Turisian di sini pun semakin nyaman dan bikin betah. Sebab destinasi pantai yang satu ini memiliki beberapa fasilitas pendukung yang telah Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kupang bangun.

Fasilitas yang tersedia di objek pantai tersebut, antara lain kamar ganti, kamar mandi atau toilet, warung makanan dan minuman ringan, gazebo, permainan anak-anak. Serta terdapat area parkir luas yang dapat menampung mobil maupun motor dan letaknya tak jauh dari pantai.

Lokasi & Jam Operasional Pantai Tablolong

Destinasi wisata bahari yang satu ini terletak di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, NTT. Berada tepat di ujung barat Pulau Timur, dengan jarak sekira 30 km dari Kota Kupang atau sekitar 60 km dari Oelamasi ibu kota Kabupaten Kupang.

Untuk menjangkau Pantai Tablolong, Sobat Turisian dapat menggunakan mobil maupun sepeda motor dengan durasi perjalanan kurang lebih 1 jam dari Kota Kupang. Akses jalannya sudah cukup baik sehingga memudahkan kalian sampai ke pantai ini. Agar lebih nyaman, kalian bisa menggunakan transportasi pribadi atau sewaan dari Kota Kupang.

Baca juga: Air Terjun Tesbatan, Permata Tersembunyi di Kabupaten Kupang

Kawasan wisata tersebut buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya di kisaran harga dari Rp2.000 untuk orang dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak. Plus biaya parkir kendaraan sebesar Rp1.000 untuk roda dua dan Rp2.000 untuk roda empat.*

Pos terkait