Tamasya ke Pantai Uiasa Kabupaten Kupang yang Menarik Buat Kalian Coba

Pantai Uiasa

TURISIAN.com – Liburan akhir tahun ini, Sobat Turisian bisa berlibur ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sana ada Pantai Uiasa di Kabupaten Kupang yang bisa kalian masukkan dalam list kunjungan. Pantainya sangat indah sehingga sayang untuk kalian lewatkan.

Pada dekade 1990-an, Pemprov NTT pernah membangun fasilitas penunjang untuk Pantai Uiasa. Hingga banyak wisatawan  terutama wisatawan mancanegara banyak yang gemar datang ke sini.

Pantai Uiasa ini merupakan sebuah objek wisata pantai yang berada di Pulau Semau dan menjadi tempat wisata bahari yang sangat menarik bagi para wisatawan. Destinasi ini pun merupakan pantai yang sangat menawan.

Tampak pemandangan hamparan pasir membentang yang memanjakan mata. Tambah air laut yang jernih dan pepohonan yang tumbuh subur di sepanjang garis pantai. Menjadikan suasananya sangat sejuk, sehingga sangat nyaman buat tempat liburan.

Di kawasan Pantai Uiasa juga terdapat hutan yang di dalamnya terdapat sebuah kolam renang yang airnya tidak pernah kering. Buat Sobat Turisian akan sangat menyenangkan untuk mengunjungi dan berlama-lama berenang di kolam ini.

Baca juga: Indahnya Hamparan Padang Savana Humon di Kabupaten Kupang

Atraksi wisata pesisir yang dapat Sobat Turisian nikmati ketika mengunjungi objek wisata bahari ini, ada bentangan pasir putih yang luas. Membentang sekitar satu kilometer, menjadikannya sebagai satu-satunya pantai di pesisir Pulau Semau yang menawarkan aktivitas renang, snorkeling, dan diving.

Snorkeling dan diving di Pantai Uiasa

Destinasi wisata ini selain memiliki keindahan pantai, juga menyimpan spot untuk mennikmati keindahan bawah laut. Sobat Turisian bisa menikmatinya dengan snorkeling atau menyelam.

Spot penyelaman di sekitar pesisir Pantai Uiasa mudah kalian jangkau dan memiliki aneka terumbu karang dan ikan. Tidak hanya itu, ada juga kolam air tawar, dengan sumber air alami yang mengalir. Kolam tersebut sudah lama berdiri dan menjadi sumber air bagi Desa Uiasa.

Kalau Sobat Turisian tertarik mengunjungi bangunan sejarah, dapat mengunjungi Mercusuar Uiasa peninggalan zaman kolonial. Selain itu juga menjadi satu-satunya mercusuar di Pulau Semau yang masih berfungsi sampai sekarang.

Mercusuar Pantai Uiasa ini terletak di ketinggian bukit, sehingga pemandangan indah di pesisir Utara Pulau Semau dapat Sobat Turisian jangkau dan nikmati. Keindahan sunrise juga juga menjadi atraksi alam momen yang tak boleh kalian lewatkan.

Posisi pantai ini terbuka ke arah timur, sehingga Sobat Turisian pun bisa menyaksikan pemandangan Kota Kupang pada malam hari. Juga pemandangan sunrise yang sangat terbuka dan indah.

Baca juga: Mau Liburan di Pantai? Yuk ke Pantai Otan Kupang!

Sama halnya dengan Pantai Otan, destinasi wisata Pantai Uiasa juga terletak di sekitar pusat Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, NTT. Akses menuju ke tempat ini dapat Sobat Turisian tempuh dengan angkutan laut.

Rutenya bisa melalui jalur Kupang-Uiasa atau Tenau – Hansisi. Dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih setengah jam.*

 

Pos terkait